Senin, 06 April 2020  
 
Jadi The Leading Indonesia’s Airport Company, Ini Target PT Angkasa Pura II Pada 2020

zai | Nasional
Senin, 13 Januari 2020 - 03:00:56 WIB
JAKARTA,Tiraskita.com - Memasuki tahun 2020, PT Angkasa Pura II (Persero) menetapkan brandline baru yakni The Leading Indonesia’s Airport Company.

Brandline ini selalu ditampilkan berdampingan dengan logo perusahaan yaitu Sky City atau dunia tanpa batas, yang terdiri dari simbol bola dunia PT Angkasa Pura II.

Adapun brandline The Leading Indonesia’s Airport Company ini berangkat dari berbagai pencapaian dan prestasi PT Angkasa Pura II pada 2016 – 2019, periode di mana perseroan menjalankan Corporate Transformation 1.0 yang fokus pada culture transformation termasuk juga mencakup penyediaan digitalisasi di sektor pelayanan, operasional, dan pengembangan bisnis kebandarudaraan.

Pencapaian pada 2019 misalnya adalah 22 penghargaan Airport Service Quality dari Airport Council International (ACI), masuknya Bandara Soekarno-Hatta sebagai Top 40 World’s Best Airport in The World dan Top 10 Best Airport Staff in Asia, serta keberhasilan meraih 1 Gold dan 2 Bronze pada Asia-Pacific Stevie Awards.

Di samping penghargaan berskala global itu, PT Angkasa Pura II juga berhasil mencapai target operasional di sejumlah bandara seperti Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut, Terminal 2F Soekarno-Hatta sebagai Terminal Internasional Low Cost Carrier (LCC), Runway 3 dan East Connection Taxiway di Bandara Soekarno-Hatta, Airport Learning Center dan sebagainya.

Pada 2019, PT Angkasa Pura II juga menandatangani perjanjian kerja sama untuk mengoperasikan dan mengembangkan 3 bandara pemerintah dalam bentuk Kerja Sama Pemanfaatan Barang Milik Negara yaitu untuk Bandara Fatmawati Soekarno di Bengkulu, Bandara Radin Inten II di Lampung, dan Bandara HAS Hanandjoeddin di Belitung.

Kinerja PT Angkasa Pura II pun diakui Forum Ekselen BUMN (FEB) Kementerian BUMN pada 2019. Forum  memberikan predikat Industry Leader ke PT Angkasa Pura II menyusul pencapaian skor 681,00 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) BUMN, yang mengukur performa aspek keuangan dan non keuangan untuk 114 BUMN.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan pencapaian lain yang cukup penting adalah keberhasilan perseroan menerapkan digitalisasi bandara melalui konsep Smart Airport guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi operasional, layanan, mau pun pengembangan bisnis non-aeronautika.

“Digitalisasi dalam pengelolaan bandara tak bisa ditolak, bandara tidak bisa dikelola dengan cara-cara tradisional lagi. Bandara bisa diibaratkan sebagai penghubung semua kegiatan ekonomi, jadi kalau ada istilah Internet of Things (IoT), besok akan ada  Airport of Things”, ujar Awaluddin.

“Berbagai penghargaan dan pencapaian di bidang operasional, layanan dan bisnis yang didukung implementasi digitalisasi ini membuat PT Angkasa Pura II menjadi The Leading Indonesia’s Airport Company.”

“Pada 2020 – 2024, PT Angkasa Pura II berupaya meningkatkan level sektor kebandarudaraan nasional dengan mulai mengimplementasikan penggunaan teknologi mutakhir seperti artificial intelligence, internet of things, big data analytics, roboting, automation, virtual reality hingga augmented reality,” jelas Muhammad Awaluddin.



*Kinerja 2020*

Tahun ini cukup penting bagi PT Angkasa Pura II karena merupakan awal dari dimulainya Corporate Strategic Transformation 2.0. Perseroan akan memanfaatkan berbagai potensi guna meraih peluang untuk membentuk pondasi yang kokoh dalam menyongsong era baru kebandarudaraan nasional.

Pada 2020, PT Angkasa Pura II menargetkan pendapatan Rp12,8 triliun atau meningkat 34% dibandingkan dengan prognosa 2019.

Adapun laba bersih pada 2020 diproyeksikan lebih dari Rp3 triliun dengan EBITDA Rp5,3 triliun.

“Pendapatan pada tahun ini dikontribusikan dari bisnis aeronautika Rp6,26 triliun, dan non-aeronautika Rp6,54 triliun yang didalamnya sudah termasuk pendapatan kargo. Jadi, pertama kalinya mulai di tahun 2020 ini kontributor pendapatan terbesar PT Angkasa Pura II berasal dari bisnis non-aeronautika yaitu sebesar 51%,” ungkap Muhammad Awaluddin.

Konsep pengelolaan portofolio perusahaan juga sudah mulai dikembangkan tidak hanya bertumpu pada core business saja tapi sudah masuk ke adjacent business (beyond the core). Implementasi dari konsep ini adalah mengutilisasi secara maksimal revenue eksisting dalam bentuk “multi-sided” revenue stream, seperti : digital business, big data, transportation platform system, dan lain lain.

Target-target tersebut dapat dicapai dengan juga memaksimalkan sinergi anak usaha melalui penerapan corporate parenting strategy dalam bentuk strategic control pada Angkasa Pura II Group dalam hal ini di PT Angkasa Pura Propertindo, PT Angkasa Pura Kargo, PT Angkasa Pura Aviasi, PT Gapura Angkasa, dan PT Angkasa Pura Solusi beserta dua anak usahanya yaitu PT Angkasa Pura Solusi Integra dan PT Angkasa Pura Sarana Digital.

“Seluruh anak usaha ditargatken meraih pendapatan Rp3,4 triliun atau sekitar 26,7% dari total pendapatan 2020,” ungkap Muhammad Awaluddin.

Sementara itu dari sisi operasional, PT Angkasa Pura II memproyeksikan jumlah penumpang pesawat seluruh bandara yang dikelola mencapai 93,92 juta penumpang atau naik sekitar 4,3% dibandingkan dengan tahun lalu.

Pergerakan pesawat diproyeksikan mencapai 771.940 atau naik 4,2%, dan pengelolaan kargo naik 4,2% menjadi 802.177 ton.

Di sisi layanan, PT Angkasa Pura II mengoptimalkan layanan berbasis digital yang sudah ada mau pun berbagai inovasi ke depan dengan Bandara Soekarno-Hatta sebagai tempat pengembangan berbagai platform digitalisasi itu.

Tidak kalah penting juga, PT Angkasa Pura II (Persero) terus mengoptimalkan peran Bandara Soekarno-Hatta sebagai Pintu Gerbang Utama Indonesia, atau The Gate of Indonesia. Konsep besarnya sendiri adalah Bandara Sebagai Pusat Seni dan Budaya Indonesia (Airport as Art, Culture and Tourism Hub)

“Salah satunya menjadikan Soekarno-Hatta sebagai tempat untuk memperkenalkan berbagai nuansa seni dan budaya Nusantara, serta ikon yang dimiliki di sejumlah daerah. Kami berharap masyarakat dapat semakin mencintai Tanah Air dan dunia internasional semakin mengetahui kekayaan seni dan budaya Indonesia.”

PT Angkasa Pura II menargetkan peringkat Soekarno-Hatta dapat membaik hingga masuk ke jajaran 30 besar bandara terbaik di dunia.***

VP OF CORPORATE COMMUNICATION

YADO YARISMANO

Alamat              : Kantor Pusat PT Angkasa Pura II (Persero), Lantai 5.
Email                : yado.yarismano@angkasapura2.co.id
Telepon            : 021-5505021


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Anggota DPR Kritik Yasonna Tak Beri Koruptor Asimilasi
  • Terinfeksi Covid-19, Pasangan Suami - Istri Meninggal Bersamaan, Hanya Beda 6 Menit
  • Satgas Penanganan Covid – 19 RS Khusus Pulau Galang Simulasikan Evakuasi Pasien di Bandara Hang Na
  • IWO Rohil Puji Keberanian Dinas Lingkungan Hidup Berikan Sanksi PKS PT. Kencana Andalan Nusantara
  • Perangi Covid-19, Kak Seto Ajak Orang Tua Jadi Guru Bagi Anak
  • Tiga Oknum Hakim PN Jaksel Dilaporkan ke Bawas MA, KY dan PT DKI
  • Wakil Jaksa Agung Meninggal
  • Begini Cara Dapatkan Keringanan Tagihan Listrik Bagi Pelanggan Rumah Tangga 450 VA dan 900 VA Subsid
  • Ketua IWO Inhil,Desak Pemkab Inhil Untuk Memberikan APD Kepada Jurnalis
  •  
    Minggu, 26 Januari 2020 - 18:01:55 WIB
    Proyek Besar Dikerjakan Asal-Asalan , Penegak Hukum Diminta Turun Kelapangan
    Senin, 02 Maret 2020 - 12:33:33 WIB
    Rp25 Juta Per Hektare, Petani di Riau Diminta Kelola Sendiri Dana Replanting
    Minggu, 08 Maret 2020 - 23:49:11 WIB
    Komnas Anak Tidak Berkomentar Atas Kejadian Pencabulan Anak di Bawah Umur
    Arist Merdeka Sirait : Saya Hanya Ingin Ketemu Pak Kiai Saja Ortu MSA
    Kamis, 06 Februari 2020 - 10:58:32 WIB
    MENTERI EDHY : PERMEN KP HARUS BERDASARKAN KAJIAN ILMIAH
    Sabtu, 28 Desember 2019 - 07:37:41 WIB
    Penyiram Muka Novel Baswedan Ditangkap, Siapa Aktor Intelektualnya ?
    Rabu, 25 Maret 2020 - 15:35:14 WIB
    Alat Pelindung Diri Untuk Tenaga Medis Untuk Penanganan Wabah Corona Sampai Di Indonesia
    Sedikitnya 8 Ton Alkes Tiba di Indonesia
    Jumat, 03 April 2020 - 19:38:23 WIB
    DARURAT COVID-19
    Pasien Positif Corona Bertambah Menjadi 10 Orang
    Kamis, 13 Februari 2020 - 10:55:31 WIB
    Pelantikan Polda
    Kapolri Pimpin Sertijab Pejabat Utama Mabes Polri Dan Sejumlah Kapolda
    Rabu, 26 Februari 2020 - 09:34:51 WIB
    ARIEF BUDIMAN KEMBALI LAGI DIPANGGIL OLEH KPK
    Kembali Ketua dan Komisioner KPU, Arief Budiman serta Evi Novida Ginting Manik Dipanggil KPK
    Minggu, 10 November 2019 - 14:33:17 WIB
    Ketum PWI Atal Depari Apresiasi UKW MOI dengan PWI Jaya
    Minggu, 29 Maret 2020 - 17:05:56 WIB
    MEMUTUS MATA RANTAI VIRUS COVID-19
    Masyarakat Khawatir, TKI Asal Bengkalis Dari Malaysia Baru 5 Hari Dikarantina ODP Corona Dipulangkan
    Senin, 17 Februari 2020 - 17:58:53 WIB
    Tampilkan Lompat Batu, Pelantikan IKN Meriah
    Bupati Pelalawan Lantik Pengurus IKN Pelalawan Periode 2020-2024 Resmi Dilantik
    Jumat, 17 Januari 2020 - 01:38:58 WIB
    Paus Fransiskus: Kita Harus Kembali ke Akar Keberadaan Kita Sebagai Saudara
    Rabu, 29 Januari 2020 - 18:59:29 WIB
    Operasikan Rute Domestik Berbasis Satelit, AirNav Efisienkan Rp.10 Miliar Per Bulan
    Minggu, 22 Maret 2020 - 12:33:56 WIB
    Diduga Adanya Penggelambungan Anggaran
    Dinas ESDM Riau Tidak Transparan
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2019 PT. ZONA INDONESIA INTERMEDIA, All Rights Reserved