Minggu, 20 09 2020  
 
67 Tahun Yasonna Laoly : Bermakna, Berkesan dan Berpesan bagi Semua. Berikut Testimoni Para Tokoh !

Riswan L | Nasional
Rabu, 27 Mei 2020 - 10:43:01 WIB
Jakarta, Tiraskita.com – Prof. Yasonna H. Laoly, SH, MSc, PhD atau disapa Yasonna, salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju kepemimpinan Jokowi (Joko Widodo) periode 2019 – 2024. Yaitu sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Yasonna sangat dikenal dengan motto hidupnya. Teguh dalam prinsip hidupnya. Terutama sebagai darah Nias Batak. Dirinya selalu menekankan pada lebih baik mati berkalang tanah, daripada hidup bercermin bangkai. Maksudnya, lebih baik mati berkalang tanah daripada menanggung malu. Tepatnya 27 Mei 2020, Yasonna menikmati pergantian usianya. Usia beranjak menjadi 67 tahun. Tahun berganti tahun tentu memiliki makna, pesan dan kesan tersendiri. Termasuk juga bagi keluarga, rekan, teman, kerabat, sahabat, saudara dan sebagainya.

Prof. Dr. Gayus Lumbuun, Mantan Hakim Agung menyampaikan melalui Nawacitapost. Selamat Ulang Tahun. Teriring doa dan sukses dalam tugasnya. Yang mana memang begitu berat mengemban sebagai Menkumham. Mengenalnya sejak bersama – sama menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDIP dari tahun 2004 s/d 2009. Yasonna bertugas sebagai Pimpinan Fraksi PDIP di MPR RI. Sementara saya ditugaskan sebagai Pimpinan Alat Kelengkapan DPR RI di Badan Kehormatan. Yasonna merupakan seorang intelektual di bidang hukum lulusan Doktor (PhD) dari Amerika Serikat.

Dia juga seorang akademisi dengan jabatan Dekan FH (Fakultas Hukum) Universitas HKBP NOMENSEN, sebuah Universitas terkemuka di Medan. Banyak kebaikan yang pernah diberikan sebagai teman sepengabdian di Parlemen maupun sebagai pribadi. Yang tak terlupakan adalah ketika Yasonna memberikan fasilitas mobil bernomor dinas dari MPR RI. Yang mana Yasonna memberikan untuk saya pergunakan bertugas di DPR RI di satu lembaga yang sama. Yasonna juga seringkali mengikutsertakan saya dalam banyak kegiatan Kepanitiaan Khusus. Seperti Pansus (Panitia Khusus) dan Panja (Panitia Kerja). Ya yang mana merupakan penugasan yang prestisius di kalangan Parlemen.

Banyak momen bersama yang tak terlupakan. Banyaknya ide – ide Yasonna dalam acara penting. Terutama pada saat Rapat Paripurna. Idenya merupakan aspirasi bagi anggota Fraksi. Termasuk keputusan yang diambil dengan perlawanan pada Rapat Paripurna. Yaitu Walk Out (WO) yang merupakan putusan strategis. Bahkan ketika saya sudah bertugas di Mahkamah Agung (MA), masih sempat saya ikuti alangkah hebatnya. Terlebih dalam menyikapi kelompok yang berbeda pendapat. Tak lain dengan cara WO yang menjadi bahan untuk memukul lawan. Ya dengan penyampaian pendapatnya secara politik intelektual. Sehingga mendapatkan dukungan masyarakat umum dan menaikkan citra Presiden terpilih Jokowi.

Yasonna pada usianya 67 tahun merupakan usia yang masih produktif. Menjadi Pemimpin tertinggi di sektor Pemerintahan di bidang Hukum yang dipercaya oleh Presiden. Banyak prestasi yang telah dilakukan melalui sikap tegas demi kepentingan masyarakat yang lebih luas. Walaupun terkadang dianggap sebagian kelompok kecil masyarakat sebagai tindakan yang tidak poluler. Ciri Khas yang saya lihat dari Yasonna sangat terngiang. Ya sejak berteman kurang lebih 2 Periode di DPR RI atau hampir 10 tahun bertugas bersama – sama. Terutama hingga saat ini Yasonna menjabat sebagai Menkumham yang tidak pernah berubah. Adalah Cerdas, Orator tingkat Internasioanal dan Tegas tetapi Bijaksana.

Kemudian, Marinus Gea, S.E., M.Ak., anggota DPR RI Komisi III sekaligus Ketua Umum (Ketum) Himpunan Masyarakat Nias Indonesi (HIMNI) ikut menyampaikan. Selamat Ulang Tahun teruntuk spesial Yasonna. Panjang umur dan sehat selalu. Semakin diberkati Tuhan dalam perjuangannya untuk menjalankan tugas sebagai Menkumham. Bersyukur, bergembira dan bersukacita akan kinerja Yasonna sebagai tokoh yang mampu angkat harkat dan martabat darah Nias ke tingkat Nasional. Mendo’akan agar tetap sehat dan semakin sukses dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.  Yasonna adalah Menteri yang sangat humble. Mampu menjalankan sesuai program bersama dengan rakyat. Sosok yang sangat disenangi. Berharap bisa jadi Menteri lagi untuk periode selanjutnya.

Prof. Dr. HR. Benny Riyanto, S.H., M.H., C.N sebagai Kepala BPHN (Badan Pembinaan Hukum Nasional) pun turut menyampaikan. Yasonna merupakan figur pimpinan yang cerdas. Wawasannya luas. Mengayomi dengan tegas dan terbuka. Yasonna sangat perhatian terhadap bawahan. Yasonna selalu tampil didepan untuk melindungi institusi, pemerintah dan negara. Semua momen bersama selalu mengesankan. Semoga Yasonna selalu sehat, sukses, bahagia bersama keluarga untuk ulang tahun usia ke 67nya. Semoga selalu diberi kekuatan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Yasonna itu kesukaannya kue lopis. Sehingga kalau ada acara, pasti ada kue lopisnya. Yasonna juga sering mengajarkan resep cara makan durian bisa banyak namun aman. Resepnya sangat istimewa. Maka Yasonna sudah bukan usia muda lagi, namun makan durian berani banyak.

Lalu, ada pula ingin menyampaikan, Dr. Sochiwoloo Ndruru, S.Th. M.Th., Kaprog (Kepala Program) Pascasarjana Sekolah Tinggi Theologia Jafray Jakarta. Realitanya, tidak dekat secara pribadi. Agak sulit untuk mengatakan sesuatu. Namun hal yang saya lihat dan yakini. Yasonna adalah pribadi yang penuh semangat juang dan punya kepercayaan diri tinggi atas sesuatu yang dijalankannya.

Dilanjutkan, Hary Kriswanto SH, DESS selaku Sekretaris Irjend (Inspektorat Jenderal) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kenal secara khusus tidak. Namun pernah bertemu dalam suatu kesempatan di bandara Halim. Kelihatannya Yasonna senang memakai topi cowboy. Yasonna sepulang dari dinas. Yasonna rendah hati dengan menyapa kepada beberapa staf bandara. Yasonna juga sempat berbicara dengan sesama darah Nias. Agar bisa memperjuangkan nama putra daerah. Tentu akan memajukan daerahnya. Yasonna sangat gigih memperjuangkan putra daerah Nias. Terutama demi kemajuan daerah dan Indonesia. Semoga Yasonna tetap amanah dan sehat serta diberkati.

Ada pula Dr. Freddy Harris, ACCS. sebagai Dirjen (Direktur Jenderal) Kekayaan Intelektual (KI) Kemenkumham menyampaikan. Saya mengenal Yasonna pertama kali ketika saya dipanggil untuk dilantik sebagai Sesditjen AHU kembali.  Dalam banyak pengarahan rapat dan perjalanan dinas dalam negeri dan luar negeri, saya banyak mendapatkan pelajaran berharga darinya. Banyak petuah dan arahan yang sangat bagus dan berharga. Yasonna adalah motivator terbaik yang saya kenal. Mempercayai bawahan untuk menjalankan amanah dan mengimplementasikannya. Mendukung anak buah. Memberikan semangat dan mengambil tanggung jawab. Yakni apabila ada kesalahan yang dilakukan oleh anak buahnya. Melindungi anak buahnya. Memiliki kharisma dan sangat pandai dalam keilmuan. Baik dan bersih hati nuraninya.

Yasonna adalah seorang Kristiani yang baik dan taat. Momen yang tak terlupakan oleh saya adalah ketika melakukan perjalanan dinas ke Hongkong selama 1 minggu. Setiap pagi breakfast bersama di hotel. Selalu duduk berhadapan. Setiap sebelum makan Yasonna selalu berdoa dengan khidmad. Tak lain sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Tuhan yang memberikan rezeki. Sementara saya sebagai seorang muslim biasanya cuma mengucapkan bismilah pendek langsung makan tancap gas. Lama kelamaan saya menjadi malu langsung makan. Dalam kesempatan lain akhirnya saya bertanya kepadanya. Apa yang dibaca sebelum makan?

Yasonna menjelaskan. Mengucapkan terima kasih kepada Tuhan dan orang yang telah menyiapkan makanan. Saya pun tersentak kaget, selama ini saya ketika mau makan hanya mengucapkan bismilah seadanya. Tidak bersyukur atas rezeki yang diberikan. Bahkan tidak pernah mengucapkan terima kasih kepada orang yang menyiapkan makanan saya. Entah itu ibu, istri, anak, pembantu, staf, pegawai,waiter dan lain sebagainya. Padahal telah begitu baik menyiapkan makanan.

Semenjak saat itu saya berubah. Sebelum makan selalu berdoa mengucapkan rasa syukur atas rezeki yang diberikan. Ya dari Tuhan tentu saja. Berterima kasih pula kepada orang yang telah menyiapkan makanan. Tauladan tanpa perlu bekata. Namun memberikan contoh dengan tindakan.  Ciri khas Yasonna yang sangat khusus untuk saya adalah tertawa terbahaknya sungguh khas. Selamat ulang tahun. Semoga Tuhan memberikan kesehatan, keselamatan dan hidayah untuk Yasonna dan keluarga.

Agustus Gea, SH selaku Mantan Ketua Umum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia ( HIMNI ) dan Sekretaris MPO HIMNI pun menyampaikan. Sama – sama berdarah Nias. Saya mengucapkan selamat ulang tahun. Semoga panjang umur, sehat selalu dan menjadi saluran berkat bagi banyak orang.

Mayjend TNI Purn. Drs. Christian Zebua MM selaku mantan Pangdam Cenderawasih ikut pula menyampaikan. Saya kenal dengan Yasonna, abang saya, sejak saya pangkat kapten. Yasonna adalah saudara saya. Adiknya laki – laki kandung menikah dengan adik saya perempuan kandung. Yasonna sangat humble dan cerdas berprestasi. Menempuh pendidikan Doktor di USA. Yasonna dilahirkan di tengah keluarga Nias yang dihormati. Namun memang ayahnya seorang perwira polisi yang sederhana.

Yasonna juga punya integritas yang tinggi. Yasonna juga sangat menjunjung tinggi objektivitas. Saya pribadi sangat bangga dan seluruh orang Nias harusnya juga sangat bangga. Yasonna sudah banyak berbuat untuk bangsa dan negara. Terlebih berjuang untuk kemajuan Nias. Nias lebih dikenal ditingkat Nasional. Terutama Yasonna itu satu – satunya orang Nias yang menjadi Menteri sejak Indonesia merdeka. Sangat dirasakan oleh 5 kabupaten kota sekepulauan Nias begitu besar peran dan dukungannya untuk kemajuan kepulauan Nias. Saya sekeluarga mengucapkan selamat ulang tahun. Sekiranya Tuhan mencurahkan berkat kesehatan, murah rezeki dan sukses. Terlebih dalam pengabdian pada bangsa dan negara.

Bambang Rantam Sariwanto, Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kemenkumham juga menyampaikan. Kekaguman bahwa pribadi Yasonna sebagai sebuah anugerah untuk Kemenkumham dan rakyat Indonesia. Yasonna menjadi Menkumham untuk kedua kalinya secara berturut – turut merupakan bentuk nyata integritas dan loyalitas. Terutama dalam menjadi pemimpin. Sehingga dipercaya kembali oleh Presiden melanjutkan program pengembangan SDM di lingkungan Kemenkumham. Merupakan seorang sosok pemimpin yang memiliki visi yang luar biasa dan memiliki kharisma. Dipercayanya oleh Presiden untuk memimpin Lembaga sebesar Kemenkumham sebagai sebuah anugerah yang tidak bisa dinilai dengan sebuah jabatan politis saja.

Dr. Sorni Paskah Daeli selaku Ketua Umum Ikatan Keluarga Lahomi Nias Barat ikut menyampaikan.  Dirinya juga sebagai Ketua Umum IKBL dan ASN Eselon II di Kemenko PMK. Memang juga sekaligus sebagai Kepala Biro Hukum, Informasi dan Persidangan di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Saya mengenal Yasonna. Baik di lingkungan pemerintahan maupun masyarakat Nias. Lingkungan pemerintahan, sering melihat secara langsung kiprah Yasonna. Terlebih bila menghadiri Rapat Koordinasi Tingkat Menteri maupun Rapat Kabinet. Di lingkungan masyarakat Nias, mengenalnya sebagai salah satu pejabat kebanggaan masyarakat Nias. Yasonna adalah putra asli Nias pertama yang menjabat sebagai Menteri. Yakni sepanjang sejarah berdirinya Republik Indonesia (RI).

Yasonna adalah salah satu figur pejabat yang bersahabat dan tidak sombong. Namun tegas dalam bertindak. Yasonna mudah ditemui dan sering sekali tanpa meski tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Bila berkunjung ke tempatnya. Yasonna menerima dengan senang hati. Asalkan tidak ada penugasan mendadak dari Presiden. Kemudian, Yasonna tidak irit untuk berbagi ilmu atau kiat – kiat untuk menjadi sukses. Yasonna juga pribadi yang mempunyai kepedulian sosial yang tinggi. Tidak jarang, Yasonna langsung tergugah. Terlebih untuk memberikan pertolongan kepada siapa saja yang memang membutuhkan. Terutama masyarakat Nias. Minimal Yasonna akan memfasilitasi kepada orang – orang yang dipercaya mampu membantu.

Mungkin Yasonna lupa, tapi saya tidak. Kejadiannya ketika monitoring pelaksanaan Sea Games ke 29 di Malaysia tahun 2017. Saya mendampingi Puan Maharani sebagai Menko PMK saat itu. Yasonna juga hadir. Sebelum keberangkatan, Yasonna sendirian di lobby. Saya datang untuk memperkenalkan diri sebagai sesama orang Nias. Yasonna cukup kaget. Tapi surprise bertemu orang Nias dalam acara yang sama di negara lain. Saya berdiskusi dengannya. Meski tidak terlalu lama, tapi momen cukup berkesan buat saya. Selamat ulang tahun. Semoga diberikan umur panjang, kesehatan, kebahagiaan dan kesuksesan oleh Tuhan Yesus. Pesan kepada kepada Yasonna. Yaitu agar beliau tetap semangat dan tidak berhenti berbuat yang terbaik untuk Indonesia. Orang dengan karakter Yasonna, yakni tegas, cermat  dan cepat. Yakin akan bisa mengubah Indonesia ke arah yang lebih baik. Ciri khasnya yang selalu saya ingat adalah topi koboy, celana jeans dan sepatu ala koboy.

Sarman Simanjorang, M.Si. Ketua Umum HIPPI DKI Jakarta, Wakil Ketua Umum Kadin, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar seluruh Indonesia juga turut menyampaikan. Mengenal sosok Yasonna merupakan putra terbaik Nias. Tentunya yang mampu menembus jabatan Menteri di RI. Terbukti sangat mampu menjalankan tugas sebagai Menkumham. Terlebih dengan berbagai tantangan dan pemasalahan yang ada. Indikatornya diberikan kepercayaan kembali menjabat di Kementerian yang sama periode kedua. Ya bersama dua menteri lainnya yaitu Menkeu (Menteri Keuangan) dan Menlu (Menteri Luar Negeri). Ciri khas dari Yasonna adalah topi koboy dan selalu bangga memakai pakaian khas Nias. Selamat ulang tahun. Semoga Tuhan memberikan kekuatan.

alu, ada pula Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.Hum selaku Direktur Jenderal Peraturan Perundang – Undangan menyampaikan. Saya melihat sosok Yasonna merupakan seorang akademisi dan politisi yang luar biasa. Rasa kecintaan dan mengabdi pada politik begitu mengesankan. Terutama pada partai yang mana menjadi tempat tumbuh dan berkembang. Sangat pula konsisten. Sangat menghormati Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri melalui loyalitasnya yang tinggi. Tidak pernah diragukan. Saat tugas parlemen anggota DPR RI pun gigih berjuang di garis partai.  Bahkan, saat partai masih berada jadi oposisi pemerintah.

Kemudian hingga menjadi partai pemenang dan penugasan di eksekutif. Saya sebagai orang muda melihat sepak terjangnya sangat inspiring. Begitu terkesan. Menguatkan posisi pemerintahan di awal pemerintah Jokowi. Padahal terbilang pada saat itu masih goncang dan lemah. Namun justru menunjukkan peran strategis secara konstitusional. Menegakkan arahan dan tugas kepartaian. Ikut mengawal, mengamankan dan menjaga penugasan dari Presiden. Sering jadi bumper. Seharusnya memang seperti itulah. Sosok pembantu Presiden, sosok Menteri. Saya dan Yasonna memang sama – sama pengagum sosok bung Karno. Memiliki komitmen pada ideologi partai dan loyal kepada pimpinan.

Tak ketinggalan, ada pula Irjen Pol. Drs. Raynhard Saut Poltak Silitonga, SH, MH, Msi selaku Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham juga menyampaikan. Yasonna itu orangnya humble. Tegas. Menempatkan diri sebagai orang tua, guru, komandan dan pimpinan yang baik hati. Momen bersama tak terlupakan adalah momen saat bersepeda setiap saat bersama – sama. Tetaplah jaga kesehatan. Tetaplah berjalan di jalan Tuhan. Negara masih butuh sosok seperti Yasonna. Tertawanya sangat berciri khas. Tak dimiliki orang lain. Yang sangat teringat dan tak terlupakan.

Kepala BPSDM Kemenkumham, Dr. Asep Kurnia, SH, MM pun menyampaikan. Mengenal Yasonna sejak menjabat Menkumham pada 27 Oktober 2014. Kebaikan dari Yasonna  adalah kepeduliannya kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Memastikan bahwa WBP menerima keadilan yang memang menjadi haknya sebagai warga negara. Tanpa mengesampingkan penegakan hukum jika aturan dilanggar oleh WBP. Momen tak terlupakan adalah ketika mendampingi Yasonna meminta maaf kepada warga Tanjung Priok. Yaitu perihal polemik pernyataan tingginya kriminal di Tanjung Priok. Yasonna mengedepankan persatuan bangsa daripada hal – hal lain yang bersifat ego pribadi. Selamat ulang tahun. Semoga sehat selalu, panjang umur dan sukses selalu. Lanjutkan langkah dalam memimpin Kemenkumham. Kemauannya dalam terus belajar dan menambah ilmu di setiap waktu dan kesempatan. Merupakan salah satu dari sekian banyak ciri khas yang dikagumi.

Dilanjutkan lagi oleh Dr. Sri Puguh Budi Utami selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenkumham menyampaikan. Yasonna adalah sosok pembaharu yang memberikan kebebasan kepada jajaran untuk melakukan inovasi, memberikan solusi dan legacy bagi organisasi. Layak menjadi Bapak Pemasyarakatan Indonesia karena atensinya yang luar biasa. Terlebih untuk kemajuan Pemasyarakatan . Tak lain dengan mendorong Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan dan suksesnya RUU Pemasyarakatan dibahas di DPR hingga Tingkat I. Semoga tahun ini dapat ditetapkan menjadi Undang – Undang (UU). Yasonna, sosok pemberani dengan menempatkan kader perempuan pemasyarakatan sebagai Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Momen tak terlupakan adalah pada saat mendampingi menangani kerusuhan. Tepatnya di Rutan Kelas IIB Pekanbaru (Sialang Bungkuk) Riau dan Lapas Narkotika Kelas III Langkat di Sumatera Utara. Yasonna adalah sosok humanis. Mengedepankan sisi – sisi kemanusiaan meskipun narapidana telah melakukan kerusuhan. Semoga tetap smart dan sehat. Semangat menghantarkan Kemenkumham berkelas Dunia. Khasnya adalah pada gaya bicaranya yang smart dan penuh semangat. Mampu meyakinkan khalayak melalui kata – kata yang sarat makna. Gestur tetap “cool”. Meski berhadapan dengan masalah yang krusial. Ciri lain adalah tampilannya khas cowboy dengan celana jeans. Menampilkan semangat jiwa muda.

Ada lagi dari Dr. Disiplin Manao, S.H., M.H selaku Hakim Tinggi TUN Jakarta dan Penasehat HIMNI dan Ketua MPO Fornisel menyampaikan. Yasonna, saya kenal sebagai Putra Indonesia khususnya Nias terbaik. Yasonna merupakan seorang yang sungguh – sungguh dalam iman percaya kepada Tuhan. Sehingga tidak salah sebagai wujud imannya menjadi pemikir yang tajam dan visioner, pekerja keras dan petarung, konsistensi dan memiliki integritas serta figur yang bijaksana dan arif. Yasonna juga seorang yang hebat dan piawai dalam percaturan perpolitikan di tanah air. Yang mana pada saat ini menduduki jabatan salah satu ketua DPP PDIP. Dengan bekal hal – hal positif dan keunggulan, Yasonna tidak heran menjadi Menkumham dua periode di Pemerintahan Jokowi. Tentu saja jabatan yang sangat prestasi dan prestise yang dicapai oleh Putra terbaik Ono Niha. Secara akademik juga telah mencapai pangkat tertinggi. Diangkat sebagai Guru Besar (Profesor) Ilmu Kriminologi Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK).

sebagai anak buahnya, Yasonna adalah seorang yang bersedia menerima dan mendengar informasi dari bawahan dan selalu cek lapangan. Sehingga tidak salah kalau beliau selalu menyenangkan. Keputusannya menggambarkan kepribadian yang terbuka, teguh pendirian, berintegritas dan akurasinya teruji serta bijaksana dan sangat mumpuni. Moment bersama yang tak terlupakan ketika sela – sela kesibukannya yang sangat padat, berkenan hadir. Yakni memberi restu dan sambutan pada Acara Adat Pernikahan Anak dua tahun lalu.  Momen kedua ketika pelantikan Pengurus Pusat FORNISEL ( Forum Nias Selatan). Hadir dan duduk bersama satu meja dengan Ketua Umum (Ketum) Fornisel Brigjen Pol. Bahagia Dachi, SH., MH. Obrolannya berisi dan padat yang kadang diselingi canda yang menyegarkan. Yasonna memberi sambutan, terkesan sangat rendah hati. Memperlakukan setiap orang dengan hormat dan penuh kasih. Terlebih dalam menyapa dan memberi nasehat, wejangan dan motivasi kepada generasi Nias yang hadir.

Berharap Yasonna tetap dan makin menjaga keseimbangan, keserasian dan keharmonisan. Terutama antara kehidupan rohani, rumah tangga dan pekerjaan serta tugas negara. Dengan pertolongan dan pemeliharaan Tuhan, Yasonna pasti dapat menikmati hidup dengan serius, sehat, sukses dan makin bahagia. Menjadi tua adalah kepastian, menjadi dewasa adalah pilihan. Tuhan Yesus memberkati Yasonna dengan umur panjang di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan. Amin. Gaya penampilan yang serba modis dengan topi koboi, gaya bicara yang ceplas dan ceplos tetapi sangat konseptual serta visioner dan peoblem solver.

Kemudian ada juga penyampaian dari Ir. Yosafati Hulu, MM selaku Ketua Himpunan Masyarakat Nias Utara (HIMANIRA). Saya mulai mengenal Yasonna ketika pertama kali terpilih sebagai Anggota DPR. Saya mewancarainya untuk salah satu media online. Orangnya terbuka dan terus terang. Pada saat bincang – bincang (wawancara) dengannya sempat dijamu makan malam. Semoga sehat, panjang umur dan menjadi terang juga garam bagi keluarga dan masyarakat. Ciri khasnya ulet, pantang menyerah, optimis, dan “adaptive”.

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU), Cahyo Rahadian Muzhar, SH, LLM menyampaikan pula. Mengenal Yasonna sebagai sosok pemimpin yg mengatakan kebenaran/keadilan. What is the right is right and the wrong is the wrong. Selalu memback up anak buah atas perintahnya. Setiap moment tidak terlupakan. Karena setiap moment dengannya adalah hal yang berharga. Pesannya, tularkan selalu kepemimpinan, pengetahuan dan kewajiban dari seorang Yasonna. Ciri khasnya itu ketawa yang lepas dan penampilan yang selalu cool.

Selanjutnya ada Pdt. Dr. Tuhoni Telaumbanua, MSi Ephorus Sinode BNKP turut juga menyampaikan. Yasonna adalah seorang yang smart. Dia juga tegas dan memiliki strategi yang jitu. Yang mana melibatkan para ahli yang cinta Indonesia. Tak lain sebagai Think Tank dalam kementeriannya. Tak lupa komunikasi dengan pimpinan partai. Terlebih kepada atasannya. Karena prestasi dan komunikasi yang baik, maka dia diberi kepercayaan. Kepercayaan untuk kedua kalinya menjadi Menkumham. Presiden melihat dalam dirinya visi yang jelas, kesetiaan pada NKRI, loyal dan kritis kepada atasannya. Yasonna juga memiliki jiwa pembaharu atau reformasi.

Pelayanan Yasonna juga tampak pada gereja – gereja di Indonesia. Terutama melalui PGI. Yasonna banyak memberi sumbangsih. Tidak hanya pemikiran tetapi juga dukungan finansial. Yasonna menerima pimpinan gereja yang ingin konsultasi kepadanya sekaitan dengan hukum, asset, perizinan dan legalitas badan hukum gereja. Perhatian Yassona untuk Nias juga cukup besar. Terus berusaha memperjuangkan otonomi baru. Kemudian juga provinsi Kepulauan Nias, Yasonna turut mendorong kemajuannya. Terutama mengedepankan Nias sebagai “Pulau Impian” dengan pariwisata. Yakni sebagai leading sector pembangunan. Perjuangan bukan hanya wacana (tenga ha kecekece). Akan tetapi sudah terbukti dengan berbagai kegiatan. Baik lokal maupun nasional. Selamat ulang tahun. Kiranya kasih karunia Tuhan terus membimbing dan memberkati. Baik dalam pelayanan terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Maupun bagi keluarga dan gereja.

Kemudian Harif Fadilah selaku Ketum PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) menyampaikan. Saya mengenal Yasonna sebelum menjadi Menteri. Yasonna adalah salah satu penggawa di komisi II DPR RI yang mengurusi bidang kebijakan pemerintahan. Yasonna juga sebagai tokoh masyarakat. Sempat menjadi ketua perhimpunam masyarakat Nias Indonesia. Dengan pengalaman dan kepiawaiannya selalu mendapatkan kepercayaan untuk menjadi pimpinan dan panutan. Saya juga mengenal Yasonna sebagai Menteri. Menteri yang dipercaya oleh Presiden dua kali dalam jabatan yang sama. Demikian menunjukkan kompetensi atau keahlian dan kiprah di bidang hukum dan HAM tidak diragukan lagi. Selamat ulang tahun ke 67. Semoga tetap sehat, membela dan memperjuangkan ketertiban hukum dan keadilan di negeri yang tercinta.

Lalu, ada pula dari Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum selaku Sekretaris Utama BPIP menyampaikan. Yasonna adalah seorang poltikus, birokrat dan akademisi yang handal dan profesional. Kebaikannya itu sering menolong, tegas dan tetap pada koridor hukum. Momen bersama membahas Undang – Undang (UU) dan menyajikan konsep pendapat hukum dan saat beliau menyanyi. Harapannya, sehat selalu bahagia bersama keluarga. Berharap semoga selalu bergerak positif, nothing to lose. Tetaplah loyal, profesional, tegas.

Sementara, Nawacitapost juga turut menyampaikan. Disampaikan oleh management melalui Faigiziduhu (Komisaris), Otoli Zebua, S. Th. (Direktur Utama) dan Beesokhi Ndruru (Direktur). Yasonna merupakan sosok yang paling memukau. Konsisten dalam memperjuangan kepentingan NKRI. Terutama berperan dan menjalankan fungsi tugas baik dalam negeri maupun hubungan antar negara. Pembenahan, lapas, Imigrasi, AHU, Kekayaan Intelektual dan SDM Kemenkumham sangat terasa kemajuan luar biasa. Yasonna tegas, punya prinsip, konsisten dan tangguh dalam menghadapi goncangan politik. Loyal kepada atasan. Berpidato selalu memukau pendengar dengan penguasan yang baik. Kehidupan dan perjalanan karir sangat menginspirasi generasi Indonesia.

Teruntuk spesial Yasonna, Menteri Hukum dan HAM. Selamat Ulang Tahun ke 67. Semoga panjang umur, sehat dan sukses selalu. Tetap menjadi pribadi yang rendah hati, bersahaja dan menjadi tauladan bagi semua.***

Sumber : NAWACITAPOST




comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • 19 Hari di RS Pondok Indah, Ratu Dangdut Elvi Sukaesih Positif Corona, Sang Anak Kabarkan Kondisinya
  • Ini Dia Harta Kekayaan Dan Utang Jokowi Sebagai Presiden Dan Pengusaha Mebel
  • Persib Menang Telak 26-0 Atas Mandala FC Majalengka, Tuntaskan Perlawanan Bandung United 5-1
  • Mesum di Kandang Ayam, 2 Pria 1 Wanita Ditangkap di Pekalongan
  • Pakar dan Aktivis Desak PBB untuk Akui 'Genosida' Uighur China
  • Jadi Janda 7 Tahun, Begini Cara Kiki Amalia Memuaskan Diri Ketika Sedang Hasrat Ingin Bercinta
  • Polisi Temukan Ladang Ganja Seluas 2 Hektare di Kawasan Hutan Lindung Bengkulu
  • Jabar Bentuk Tim Khusus dan Rencana Aksi
  • Peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Masih Ditunda, Gubri : Menunggu Arahan Presiden
  •  
     
     
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 18:03:41 WIB
    Plh Danramil 07/ Alasa Turut Hadir Bagikan Sembako Bantuan Pemprov Sumut
    Kamis, 02 April 2020 - 13:04:32 WIB
    Presiden Joko Widodo
    Jokowi Meninjau Kesiapan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19
    Selasa, 16 Juni 2020 - 14:05:26 WIB
    Kakanwil Kemenkumham Sulbar Adakan Silaturahmi Dengan Danrem 142/Tatag
    Kamis, 17 September 2020 - 10:44:30 WIB
    Arab Saudi Tegaskan Komitmen Dukung Kemerdekaan Palestina
    Jumat, 18 September 2020 - 20:39:27 WIB
    Jadi Janda 7 Tahun, Begini Cara Kiki Amalia Memuaskan Diri Ketika Sedang Hasrat Ingin Bercinta
    Rabu, 02 September 2020 - 15:44:28 WIB
    Maraknya Perederan Narkoba, Begini Tanggapan Kapolres AKBP Sugeng Wahyudiono
    Minggu, 31 Mei 2020 - 20:09:44 WIB
    Proyek Padat Karya Tunai Dan Reguler
    Kementerian PUPR Desain Lapangan Pekerjaan Melalui Proyek Padat Karya dan Reguler
    Sabtu, 15 Februari 2020 - 10:52:43 WIB
    Gubsu Edy Rahmayadi Dilaporkan ke KPK Terkait Lahan Eks HGU PTPN 2
    Senin, 17 Februari 2020 - 09:19:02 WIB
    AJI, IJTI, PWI dan LBH Pers Menilai Pemerintah Ingin Campur Tangan Lagi soal Pers
    Kamis, 09 April 2020 - 15:29:39 WIB
    Pembebasan Napi Koruptor Bukan Usulan Dari Menkumham
    Jokowi Centre Nilai Pembebasan Napi Koruptor Bukan Usulan Yassona Laoly
    Senin, 20 Juli 2020 - 13:06:34 WIB
    Desa Kuok Akan Dimekarkan Menjadi 3 Desa
    Selasa, 02 Juni 2020 - 19:03:39 WIB
    Lawan Kemiskinan
    Petani Daun Bawang Adalah Peluang Baik Dimusim Wabah Corona
    Rabu, 01 April 2020 - 19:27:44 WIB
    Dugaan Korupsi
    KPK Duga Ada Duit Korupsi Jalan Duri-Sei Pakning Mengalir ke DPRD Bengkalis
    Kamis, 30 April 2020 - 22:05:37 WIB
    LAWAN COVID-19
    Ini 4 Titik Rawan Korupsi Yang Harus Diwaspadai KPK Dalam Penanganan Covid-19
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:05:10 WIB
    LAWAN COVID-19
    Pendemi Covid-19, Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT RI Hanya Lewat Telecomfrence
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved