Senin, 17 Juni 2024  
 
Sentra Gakkumdu Bengkalis Coffe Morning Bersama Insan Pers, Bangun Kolaborasi Pemilu 2024

RL | Pemkab Bengkalis
Rabu, 22 Maret 2023 - 20:44:29 WIB


TERKAIT:
   
 

BENGKALIS, TIRASKITA.COM - Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Bengkalis menggelar kegiatan Coffee Morning bersama sejumlah insan pers di Bengkalis Selasa 21 Maret. Kegiatan yang dipelopori dan dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Bengkalis ini dilakukan dalam rangka membangun kolaborasi yang baik bagi mengawal dan mengawasi penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, khususnya di Kabupaten Bengkalis.  

"Melalui coffee morning ini kita mengharapkan agar rekan-rekan media dapat berkolaborasi bersama Bawaslu Kabupaten Bengkalis dalam menunjang kerja-kerja pengawasan, khususnya bersama Sentra Gakkumdu dalam penanganan pelanggaran tindak pidana Pemilu yang terjadi," terang Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Mukhlasin.

Dikatakan Mukhlasin, melalui kolaborasi yang dibangun dengan baik dan intens antara lembaga pengawas Pemilu, dalam hal ini Sentra Gakkumdu bersama insan media (wartawan, red) di Bengkalis, pihaknya juga mengharapkan berbagai aktivitas pengawasan maupun penanganan pelanggaran yang dilakukan nantinya dapat disebarluaskan melalui berbagai pemberitaan media, baik cetak maupun elektronik. 

Melalui kolaborasi maupun kerjasama yang dibangun antara Sentra Gakkkumdu (Bawaslu, red) bersama insan pers, lanjut Mukhlasin, media juga memiliki peran yang urgen dalam pengawasan partisipatif, menyampaikan informasi maupun pendidikan politik kepada publik, peserta Pemilu, termasuk kepada jajaran penyelenggara Pemilu demi terwujudnya Pemilu yang demokratis dan bertanggungjawab.

Selain memaparkan terkait kesiapan personil Sentra Gakkumdu Kabupaten Bengkalis yang terdiri dari unsur pengawas Pemilu (Bawaslu), pihak Kepolisian Resort Bengkalis dan Kejaksaan Negeri Bengkalis dalam Pemilu 2024, Mukhlasin juga turut menjelaskan sejumlah agenda pengawasan yang telah dilaksanakan, seperti mengawasi tahapan pendafataran, verifikasi dan penetapan partai politik calon peserta Pemilu tahun 2024 di Bengkalis, verifikasi administrasi dan verifikasi faktual terhadap dukungan bakal calon anggota  DPD, serta pengawasan Coklit oleh Pantarlih dalam rangka penyusunan dan pemutakhiran data pemilih Kabupaten Bengkalis.

Selain itu, juga turut disampaikan terkait peran Bawaslu Kabupaten Bengkalis dalam Sentra Gakkumdu serta alur maupun proses penanganan pelanggaran tindak pidana Pemilu yang ditangani bersama-sama di Sentra Gakkumdu Kabupaten Bengkalis. 

"Dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang, tentu kita mengharapkan berjalan dengan baik, tanpa adanya pelanggaran tindak pidana Pemilu. Upaya pencegahan akan terjadinya pelanggaran Pemilu secara bersama-sama akan kita lakukan. Kendati demikian, jika terdapat temuan maupun laporan tindak pidana Pemilu, maka upaya penindakan tetap akan dilakukan," tegasnya yang juga Penasehat Sentra Gakkumdu.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, SH, SIK selaku Penasehat Sentra Gakkumdu dari unsur kepolisin juga turut menyampaikan sejumlah harapan, diantaranya pentingnya menyamakan persepsi dalam penanganan pelanggaran Pemilu 2024. Bahkan ia berharap pada Pemilu kali ini tidak perlu terjadi tindak pidana Pemilu. Artinya, Sentra Gakkumdu jangan hanya dianggap sebagai lembaga yang melakukan penindakan refresif, namun langkah-langkah preventif terhadap potensi terjadinya pelanggaran perlu diupayakan. 

Oleh sebab itu, kata Kapolres, pentingnya Sentra Gakkumdu hadir bagi mengedukasi masyarakat, peserta Pemilu maupun penyelenggaraan Pemilu terkait pelanggaran Pemilu, disamping itu diperlukan pula keberadaan serta peran media bagi mencari informasi di tengah-tengah masyarakat terkait penanganan pelanggaran yang ditangani di Sentra Gakkumdu Kabupaten Bengkalis.

Hal senada juga disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis Zainur Arifin Syah, SH, MH (Penasehat Sentra Gakkumdu dari unsur Kejaksaan). Bahkan pihaknya menyatakan dukungan dan kesiapan bersama-sama Bawaslu dan Kepolisian Resort Bengkalis dalam menangani berbagai pelanggaran tindak pidana Pemilu, salah satunya adalah dengan mengutus sejumlah personil Kejaksaan Negeri Bengkalis yang berkompeten dan mumpuni, sehingga dapat berkiprah bersama-sama dalam menangani pelanggaran yang terjadi.

Selain dihadiri puluhan wartawan dari berbagai media massa, kegiatan coffee morning yang berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan tersebut juga dihadiri sejumlah anggota Bawaslu Bengkalis yang turut menjadi pembina maupun koordinator, yakni Budi Kurnialis dan M Hary Rubianto. Selain itu juga hadir para pembina maupun koordinator serta anggota Sentra Gakkumdu lainnya, baik dari unsur Bawaslu Bengkalis, Polres Bengkalis dan Kejaksaan Negeri Bengkalis. **(Rdn/Bws)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Tantangan Penerapan Pembelajaran Tematik Pada Sekolah Dasar
  • Sekretariat DPRD Jawa Barat Terima Kunjungan Kerja DPRD Jambi dan Kab Cirebon
  • Harga Kebutuhan Pokok Jelang Idul Adha, Pemkot Cimahi lakukan Monitoring Ke Pasar Tradisional
  • Pemkot Cimahi Siapkan Generasi Emas Dan Integritas Pelayanan KBKR
  • Pemkot Cimahi Resmi Meluncurkan Call Center Campernik 112
  • Melalui Dinas Lingkungan Hidup, Pemkot Cimahi Gelar Uji Emisi Gratis
  • Pansus DPRD Jabar Berharap Kebutuhan Petani Organik, Pemerintah Harus Hadir
  • Kabag Sekretariat DPRD Jabar Iman Tohidin Menerima Studi Banding DPRD Sumatera Utara
  • KONFLIK PALESTINA-ISRAEL
  •  
     
     
    Minggu, 05 Juli 2020 - 11:33:34 WIB
    Bisa Ambil Hasil Kejahatan
    RUU Perjanjian MLA RI – Swiss Disetujui
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 10:33:09 WIB
    LAWAN COVID-19
    Bupati Kampar Bersama Forkopimda Tinjau Pos Check Point Petapahan
    Selasa, 23 Juni 2020 - 20:26:05 WIB
    BANTUAN SOSIAL
    Bupati Kampar Serahkan BLT DD Dan Sisir Masyarakat Miskin Desa di Dua Kecamatan
    Jumat, 15 Januari 2021 - 13:22:13 WIB
    Kapolresta dan Istri Ajak Masyarakat Jangan Takut Divaksin
    Senin, 05 April 2021 - 11:24:00 WIB
    Bupati Kampar Serahkan 1 Unit Ambulan Bantuan Pemda Untuk Polres Kampar
    Senin, 26 Desember 2022 - 09:15:14 WIB
    Pimpinan dan Komisi I DPRD Jabar Apresiasi Pengelolaan Kearsipan dan Kepustakaan Banten
    Kamis, 10 Juni 2021 - 17:36:29 WIB
    Plt Walkot Cimahi Hadiri Rapat Paripurna DPRD kota Cimahi
    Sabtu, 14 Desember 2019 - 22:18:02 WIB
    Ketua IWO Riau Baru Kavillah Terpilih Secara Aklamasi
    Sabtu, 19 Desember 2020 - 15:53:03 WIB
    Jokowi Ingatkan Infrastruktur Bukan Sekedar Bangun Jalan, tapi Konektivitas ke 75 Ribu Desa
    Minggu, 05 Juli 2020 - 20:33:02 WIB
    Bersama Ketua Persit KCK, Pangdam IV/Diponegoro Panen Buah Klengkeng
    Selasa, 01 Februari 2022 - 19:17:00 WIB
    Polres Siak Siagakan Puluhan Personel Untuk Pengamanan Imlek
    Senin, 04 Oktober 2021 - 09:20:33 WIB
    Komisi lll DPRD Sidak Proyek Pembangunan Underpass Sriwijaya
    Rabu, 03 Februari 2021 - 22:55:53 WIB
    8 Februari, Jadwal Tahap I Vaksin Covid-19 di Meranti
    Kamis, 25 Agustus 2022 - 20:02:46 WIB
    Pemkot Cimahi Raih Penghargaan PUBLIC SERVICE OF THE YEAR Tahun 2022 Dari MARKPLUS INC
    Kamis, 18 Mei 2023 - 12:18:28 WIB
    Dansatgas TMMD 116 Kodim 0319/Mentawai Tinjau Lokasi Relokasi Rutilahu
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved