Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyaha hadir dan membuka Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi Tahun 2021, bertempat di Balai Benih Ikan dan Air Tawar (BBIAT) Cibabat, K">
Rabu, 24 April 2024  
 
Pemkot Gelar Forum Perangkat Daerah untuk Penyusunan RKPD Tahun 2022

Rahmad | Jawa Barat
Senin, 08 Maret 2021 - 23:17:08 WIB


TERKAIT:
   
 
CIMAHI UTARA | TIRASKITA.COM  –  Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyaha hadir dan membuka Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi Tahun 2021, bertempat di Balai Benih Ikan dan Air Tawar (BBIAT) Cibabat, Kota Cimahi pada Rabu (03/03). Kegiatan ini sekaligus merupakan awal dari rangkaian Forum Perangkat Daerah yang dilaksanakan secara serentak oleh semua Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi pada 3-8 Maret 2021.

Dalam sambutannya, Plt. Wali Kota mengatakan, FPD ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dimana proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat. Menurutnya, Forum ini merupakan forum strategis bagi seluruh perangkat daerah untuk membahas dan menyepakati secara objektif rancangan rencana kerja perangkat daerah dengan memperhatikan hasil-hasil musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD yang menjadi usulan prioritas pembangunan dengan tujuan memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran.

“Kemarin Musrenbang kelurahan dan kecamatan juga sudah dilaksanakan. Nah sekarang ini kita selenggarakan Forum Perangkat Daerah untuk meminta saran, masukan atau solusi dari berbagai unsur baik TNI, Polri, kemudian LSM, LPM, PKK dan kelompok masyarakat lainnya agar bagaimana untuk rencana pembangunan di tahun 2022 itu bisa melaksanakan program yang lebih sempurna lagi.” ujarnya.

Ditambahkan Ngatiyana, usulan prioritas pembangunan yang akan dibahas bersama pada Forum Perangkat Daerah ini diharapkan benar-benar merupakan usulan prioritas berdasarkan Arah Kebijakan dan Tema Pembangunan Kota Cimahi Tahun 2022 yaitu “melanjutkan pemulihan sosial dan ekonomi menuju  masyarakat sejahtera yang didukung dengan insfrastruktur berkelanjutan“. Sejalan dengan itu, usulan prioritas ini juga telah melalui proses pembahasan secara terpadu dan menyeluruh pada Musrenbang Kelurahan maupun pada Musrenbang Kecamatan, sehingga setiap usulan prioritas pembangunan dapat memenuhi aspek rasionalitas baik dari sisi perencanaan maupun penganggaran.

“Kemarin Musrenbang kelurahan dan kecamatan juga sudah dilaksanakan. Untuk forum perangkat daerah ini, beberapa program yang akan menjadi sasaran, diantaranya adalah bagaimana peningkatan ekonomi dan pemenuhan kesehatan setelah pandemic Covid-19. Juga bagaimana kegiatan-kegiatan yang lain baik itu pembangunan infrastruktur, pendidikan, transportasi, lingkungan hidup, permukiman dan sebagainya sehingga perlu adanya masukan dan saran dari seluruh stakeholders yang kemudian dibawa di dalam perencanaan yang matang untuk tahun 2022,” kata Ngatiyana.
 
Khusus untuk Dispangtan sendiri, Ngatiyana mengaku telah menginstruksikan agar keberadaan Balai Benih Ikan (BBI) lebih dioptimalkan dalam rangka membantu program pemulihan ekonomi di Kota Cimahi. Adapun untuk sector pertanian sendiri akan dikembangkan sedemikian rupa agar dapat membantu pemenuhan kebutuhan sehari-hari warga masyarakat demi mendorong penguatan ketahanan pangan di Kota Cimahi.

“Tadi saya sampaikan, bagaimana agar dari BBI ini bisa mendapatkan keuntungan ekonomi atau keuntungan yang lain, termasuk pertanian. BBI ini di Cimahi ini sedang melonjak ataupun sedang popular dalam rangka pemulihan ekonominya yaitu di bidang pembudidayaan ikan hias, utamanya jenis ikan cupang. Ternyata ikan cupang sangat signifikan…. bisa ekspor bisa ke daerah lain atau ke luar negeri…. Sehingga itu bisa mengangkat ekonomi bagi rakyat kecil. Termasuk di pertanian di kedepankan karena sektor ini sangat signifikan untuk kebutuhan sehari hari. Juga hewan peliharaan, didorong oleh Dispangtan supaya ditingkatkan,” pungkas Ngatiyana.

Turut hadir dalam Kegiatan Forum Perangkat Daerah Dispandtan Kota Cimahi tersebut, Kepala Dispangtan Supendi Heriyadi beserta seluruh jajarannya, perwakilan dari Polres dan Kodim 0609 Cimahi, perwakilan dari Bappeda Kota Cimahi, perwakilan dari kecamatan dan kelurahan se-Kota Cimahi, perwakilan komunitas petani, peternak dan pembudidaya hewan peliharaan serta undangan lainnya. (Arif S)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Peringati Hari Bumi, Kota Cimahi Kirim Perdana RDF Di TPS Santiong
  • Laporan Wartawan Atas Dugaan Pengancaman Kepada Wartawan Naik Sidik
  • Saya Siap Maju Pilkada SBD, Ini Wakilnya Saverinus Kaka
  • Rapat Paripurna DPRD JABAR Untuk Ranperda Prakarsa
  • Jadi Ajang Dalam Berdakwah, CISSA-HK, Sukses Gelar Kegiatan Semarak Ramadan
  • Bahas Prosedur hingga Mekanisme Reses Dengan DPRD Sumatra Selatan
  • Sekretariat DPRD Jabar Gelar Halalbihalal "Mari Perkuat Silaturahmi & Sucikan Hati"
  • Dandim 0620/Kab Cirebon Bersama Forkopimda Lainnya Tinjau Pospam Ops Ketupat Lodaya 2024
  • Jaga Kesehatan Personel, Kasatgas Banops Ketupat LK 2024 Polres Rohil Gelar Cek Tensi & Beri Vitamin
  •  
     
     
    Rabu, 06 April 2022 - 16:17:10 WIB
    Jelang HUT Ke 76 TNI Angkatan Udara, Lanud Sugiri Sukani Gelar Do'a Bersama
    Rabu, 22 April 2020 - 19:39:02 WIB
    LAWAN COVID-19
    Bupati Kuansing Mulai Salurkan Bantuan Ke Masyarakat Terdampak Covid-19
    Jumat, 14 Juli 2023 - 09:24:43 WIB
    Orang Tua Bangga, Anaknya Berprestasi Dalam Bidang Olahraga
    Senin, 19 April 2021 - 16:30:54 WIB
    Komsos Babinsa Koramil 07/Alasa Kodim 0213/Nias Sampaikan Protokol Kesehatan
    Kamis, 29 April 2021 - 07:20:28 WIB
    Kaukus Perempuan Parlemen Harus Berkontribusi Lebih Untuk DPRD Jabar
    Jumat, 20 November 2020 - 12:22:50 WIB
    Pembangunan Desa Seakan Rahasia, Warga Kritik Kinerja Pemerintahan Desa Idanotae TA. 2019/2020
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 19:10:47 WIB
    Pj.Wali Kota Cimahi Dukung Pelaksanaan KRYD
    Jumat, 19 Juni 2020 - 20:14:08 WIB
    Kapolsek Cantik Buat Kejutan Untuk Warga Menjelang Hari Bhayangkara ke-74 TH
    Rabu, 24 Februari 2021 - 20:58:53 WIB
    Plt. Walikota Membuka FGD Pencanangan Desa Sadar Kerukunan
    Jumat, 08 Desember 2023 - 21:19:52 WIB
    Culinarry Khas Kota Cimahi Meriahkan Festival Ke-2
    Senin, 20 Desember 2021 - 13:15:33 WIB
    Dinas PUPR Normalisasi Anak Sungai di Jalan 40 Tenayan Raya
    Senin, 28 Maret 2022 - 22:31:28 WIB
    Peduli Kemanusiaan, Jajaran Pegawai Rutan Kelas I Tangerang Turut Serta Ikuti Kegiatan Donor Darah
    Selasa, 18 Mei 2021 - 20:19:53 WIB
    Raperda Kearsipan dan Perpustakaan Jabar, Dorong Peningkatan Minat Baca Masyarakat
    Senin, 29 Januari 2024 - 19:11:17 WIB
    Target Juara Umum, KONI Riau Susun Program Pembinaan Atlet Persiapan PON 2024
    Rabu, 30 Maret 2022 - 08:40:27 WIB
    Plt Walikota Cimahi Ngatiyana Membuka Festival Bintang Dangdut Tahun 2022
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved