Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) sebagai unit pelayanan kesehatan hewan terpadu memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, yaitu pelayanan diagnosa penyakit, pengobatan, penan">
Kamis, 25 April 2024  
 
UPTD Puskeswan Ikuti Tahapan Presentasi dan Wawancara untuk Penghargaan Adibaktitani 2021

Rahmad | Jawa Barat
Selasa, 23 Maret 2021 - 09:10:46 WIB


TERKAIT:
   
 
CIMAHI TENGAH | TIRASKITA.COM – Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) sebagai unit pelayanan kesehatan hewan terpadu memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, yaitu pelayanan diagnosa penyakit, pengobatan, penanganan masalah reproduksi dan kesehatan masyarakat veteriner di wilayah Kota Cimahi.

Demikian diutarakan oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana, usai menghadiri kegiatan Kunjungan Lapangan dari Tim Penilai Adibaktitani tahun 2021 tingkat Provinsi Jawa Barat, bertempat di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskeswan Kota Cimahi, Jalan Sukimun, RT.003/RW.004, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, pada Senin (22/03).
Dikatakan Plt. Wali Kota Ngatiyana, Puskeswan melakukan tugas dalam pelayanan jasa pusat kesehatan hewan sebagai ujung tombak strategis yang perlu diperkuat kinerjanya dalam rangka mendukung Sistem Kesehatan Hewan Nasional (Siskeswannas), dimana hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Pihaknya memahami bahwa keberadaan puskeswan harus memberi dampak signifikan dalam menangkal ancaman penyakit hewan yang sudah atau mungkin akan muncul di Indonesia. Misalnya seperti saat ini Indonesia sudah direpotkan dengan beberapa penyakit demam babi afrika (African Swine Fever/ASF) yang sudah merebak sejak Desember 2019. Ancaman juga dimungkinkan terkait flu babi juga harus diwaspadai yang berpotensi masuk ke wilayah NKRI setelah wabah awal di Amerika Utara pada April 2009 lalu menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. Bahkan menurut who saat pandemi 2009 lalu, sebanyak 74 negara dan wilayah telah melaporkan adanya infeksi flu babi yang dikonfirmasi oleh hasil laboratorium.

“Kemudian yang terbaru, pandemi global Covid-19 yang saat ini tengah melanda seluruh dunia juga diduga berasal dari perantaraan hewan, yaitu kelelawar dan trenggiling, dan telah terbukti bahwa penyakit ini juga bisa menjangkiti berbagai jenis hewan lainnya,” ujar Ngatiyana.
      
Menyikapi kondisi ini, Ngatiyana menekankan tentang kedudukan Puskeswan sebagai institusi strategis dalam upaya mempercepat proses pelayanan dan penanganan kesehatan hewan. Untuk itulah, Pemerintah Daerah Kota Cimahi terus melakukan penguatan fungsi Puskeswan dalam rangka pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan, salah satunya guna mendukung target indonesia bebas rabies di tahun 2030. Diakui Ngatiyana, eksistensi dan peran Puskeswan masih perlu terus dioptimalkan, termasuk melalui penambahan dukungan sarana-prasarana (sarpras), sumber daya manusia (SDM) dan manajemen organisasinya. Untuk itulah, melalui momentum penilaian adibaktitani ini, pihaknya berharap dapat memperoleh masukan dari tim penilai sekalian untuk meningkatkan kapasitas  puskeswan agar dapat menjadi ujung tombak siskeswannas yang merupakan integrasi seluruh kegiatan kesehatan hewan.

“Kami juga berharap, dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, melalui tahapan presentasi dan wawancara ini, Puskeswan Kota Cimahi dapat menjadi salah satu Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) terbaik yang nantinya akan mewakili Provinsi Jawa Barat pada penilaian adibaktitani tahun 2021 tingkat nasional,” pungkas Ngatiyana.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi Supendi Heriyadi mengatakan, Adibaktitani adalah Penghargaan dalam bentuk piala, plakat, dan piagam yang diberikan oleh Menteri Pertanian kepada UKPP Berprestasi Bidang Pertanian yang telah melaksanakan tugas dan fungsi memberikan pelayanan secara langsung kepada Masyarakat di Bidang Pertanian.

Untuk tingkat Jawa Barat, terdapat 34 UKPP dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang mengusulkan lembar kerja penilaian penghargaan Adibaktitani tahun 2021. Dalam hal ini, Dispangtan Kota Cimahi mengirimkan unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Puskeswan untuk ikut serta dalam ajang ini. Setelah melalui tahapan seleksi administrative, Puskeswan Cimahi termasuk kedalam 16 UKPP yang berhasil lolos ke tahapan presentasi dan wawancara. Melalui tahapan presentasi dan wawancara ini, akan ditetapkan 6 UKPP terbaik melalui Keputusan Gubernur Jawa Barat sebagai bahan penilaian oleh Kementerian Pertanian lebih lanjut.
 
“Puskeswan ini ngak pernah dilombakan sebelumnya. Nah seakrang provinsi mau melihat dari jarak dekat terhadap Puskeswan ini. Sebagai Kepala Dispangtan, saya optimis sekali yah bahwa kita bisa mendapatkan penghargaan ini, karena semangatnya bukan hanya demi berlomba, tapi memang saya lihat Kepala UPTD dan kawan-kawan yang ada di Puskeswan ini etos kerjanya cukup tinggi. Terbukti apa yang tadi disampaikan dalam eksposenya… Itu bukan main main, bahwa salah satunya dari aspek PAD [Pendapatan Asli Daerah] ngak pernah kurang, selalu melebihi target,” ujar Papih, sapaan akrab Supendi Heriyadi.

Ditambahkan Supendi, Dispangtan Kota Cimahi akan terus melakukan pengembangan terhadap UPTD Puskeswan ini ke depannya. Selain aspek Sumber Daya Manusia, salah satu hal yang paling mendesak untuk segera dibenahi demi peningkatan kualitas pelayanan Puskeswan adalah penambahan aspek sarana-prasarana pendukungnya, termasuk perluasan bangunan dari yang sudah ada saat ini.

“Untuk pelayanannya, karena sudah memerlukan fasilitas [tambahan], Insya Allah tahun 2021 ini sudah dianggarkan yah, kita akan membangun ruang sekretariat di sebelah gedung yang sudah ada, sebab fasilitas yang ada saat ini belum maksimal. Sekarang sekretariatnya masih bergabung yah dengan ruang pelayanan lainnya,” pungkasnya.  (Arif S)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Peringati Hari Bumi, Kota Cimahi Kirim Perdana RDF Di TPS Santiong
  • Laporan Wartawan Atas Dugaan Pengancaman Kepada Wartawan Naik Sidik
  • Saya Siap Maju Pilkada SBD, Ini Wakilnya Saverinus Kaka
  • Rapat Paripurna DPRD JABAR Untuk Ranperda Prakarsa
  • Jadi Ajang Dalam Berdakwah, CISSA-HK, Sukses Gelar Kegiatan Semarak Ramadan
  • Bahas Prosedur hingga Mekanisme Reses Dengan DPRD Sumatra Selatan
  • Sekretariat DPRD Jabar Gelar Halalbihalal "Mari Perkuat Silaturahmi & Sucikan Hati"
  • Dandim 0620/Kab Cirebon Bersama Forkopimda Lainnya Tinjau Pospam Ops Ketupat Lodaya 2024
  • Jaga Kesehatan Personel, Kasatgas Banops Ketupat LK 2024 Polres Rohil Gelar Cek Tensi & Beri Vitamin
  •  
     
     
    Sabtu, 10 April 2021 - 09:25:02 WIB
    Wawako Apresiasi Hadirnya Koperasi Marwah Riau Sejahtera
    Rabu, 07 Juli 2021 - 11:39:31 WIB
    Bupati H. Darma Wijaya Lantik 6 JPT Pratama dan 12 Pejabat Administrator Pemkab Sergai
    Kamis, 13 Mei 2021 - 16:50:31 WIB
    Presiden Jokowi dan Ibu Negara Sampaikan Ucapan Hari Raya Idulfitri 1442 H
    Jumat, 17 Juli 2020 - 09:20:12 WIB
    Lapas Gunungsitoli Audiens Kepada Pimpinan STT BNKP Sundermann
    Rabu, 23 Desember 2020 - 21:29:04 WIB
    Gawat, Susu Isi Ganja Buatan di Aceh Di Edar Hingga Ke Jakarta
    Jumat, 13 Maret 2020 - 11:28:40 WIB
    Memerangi Narkotika khususnya di Wilayah Hukum Kabupaten Pelalawan
    Kajari Pelalawan, Ajak LAN Perangi Narkotika di Pelalawan
    Jumat, 17 September 2021 - 11:50:23 WIB
    Pertumbuhan Ekspor Non Migas Membanggakan, Ini Kata Gubernur Riau
    Jumat, 18 Juni 2021 - 15:29:30 WIB
    Kepala Desa Panombean Kec. Bintang Bayu Diduga Tidak Transparan Terkait Penggunaan DD Dan ADD
    Rabu, 10 Mei 2023 - 10:38:01 WIB
    Ineu P Sundari Berharap Pelatihan Kerja Mandiri Cetak Kemandirian Ekonomi Masyarakat
    Kamis, 18 Februari 2021 - 10:03:08 WIB
    Diduga Pakai Narkoba,
    Kapolsek Cantik Pangkat Kompol Ditangkap di kamar Hotel
    Jumat, 27 Agustus 2021 - 14:18:07 WIB
    Australia Lega Sudah Tarik Tentaranya Sebelum Bom di Kabul
    Selasa, 23 Juni 2020 - 11:53:35 WIB
    Danrem 142/Tatag Buka Latihan Posko I Kodim 1419/Enrekang
    Rabu, 20 Mei 2020 - 13:00:52 WIB
    LAWAN COVID-19
    Dukung PSBB, Akan Lindungi masyarakat Dari Penyebaran Covid-19
    Kamis, 12 Maret 2020 - 16:36:32 WIB
    Kader-Kader Akan Menjadi Dukungan Partai PDIP
    Mau SK Dukungan, Pendaftar Pilkada di PDIP Harus Punya Pasangan dan Partai Koalisi
    Rabu, 17 Januari 2024 - 12:45:44 WIB
    PSPS Riau Bungkam PSDS Deli Serdang 3-1
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved