Cimahi tiraskita.com,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi kembali gelar Uji Emisi Gratis bagi kendaraan roda empat pribadi, dinas atau angkutan barang yang tidak wajib KIR.

">
Minggu, 21 Juli 2024  
 
Melalui Dinas Lingkungan Hidup, Pemkot Cimahi Gelar Uji Emisi Gratis

Oke | Jawa Barat
Rabu, 12 Juni 2024 - 08:46:59 WIB

Emisi
TERKAIT:
   
 
Cimahi tiraskita.com,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi kembali gelar Uji Emisi Gratis bagi kendaraan roda empat pribadi, dinas atau angkutan barang yang tidak wajib KIR.

Kegiatan ini merupakan rangakai acara peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia juga dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota Cimahi yang ke 23 yang akan diperingati pada tanggal 21 Juni mendatang.

Uji Emisi Gratis yang akan diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 11 Juni s.d 14 Juni 2024 ini merupakan kolaborasi antar perangkat daerah serta instansi vertikal di Kota Cimahi mulai dari Polres Cimahi, Subdenpom Kota Cimahi, Kodim 0609, PLN Cabang Cimahi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Asosiasi Bengkel Indonesia (Asbekindo) dengan melibatkan bengkel Toyota,Honda dan Daihatsu.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya menargetkan sebanyak 600 unit kendaraan, target Uji Emisi tahun ini meningkat dratis menjadi 1.500 unit kendaraan dengan kuota pengujian sebanyak 500 unit kendaraan per hari.

Uji Emisi Gratis ini diselenggarakan di tiga tempat, yakni hari pertama bertempat di Jl. Gedung Empat Kota Cimahi, hari ke dua dilaksanakan di Jl. HMS.Mintaredja SH Kota Cimahi dan hari terakhir di Area Parkir Pasar Kuda Citeureup Jl. Sangkuriang Cipageran Kota Cimahi.

“Uji Emisi Gratis ini dilakukan untuk mengevaluasi kualitas udara di kota Cimahi dengan target sebanyak 1.500 kendaraan,” tukas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Chanifah Listyarini, Selasa (11/06).

Uji emisi dilakukan untuk mengetahui kondisi kendaraan dengan mengecek emisi atau gas mesin yang dibuang ke udara. Emisi atau gas buang kendaraan adalah sisa pembakaran di ruang mesin, yang akan keluar melalui exhaust system atau knalpot.Gas buang sisa pembakaran ini sangat berbahaya karena mengandung cukup banyak zat beracun, di antaranya karbon monoksida, karbon dioksida, nitrogen oksida dan hidrokarbon.

Oleh karenanya setiap kendaraan perlu melakukan uji emisi untuk mengetahui tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin.Pengujian ini perlu dilakukan karena memberikan dampak besar bagi lingkungan hidup maupun kondisi kendaraan itu sendiri.

Chanifah juga menyebutkan bahwa ada perbedaan pada kegiatan Uji Emisi tahun ini, bukan hanya kuota kendaraan yang mengikuti uji emisi namun juga ada beberapa pengujian lain yang dilakukan untuk mengevaluasi kualitas udara Kota Cimahi, “Tahun ini kita ada tiga kegiatan yaitu yang saya katakan tadi ada pengukuran uji emisi, traffic counting dan roadside monitoring,” ungkapnya.

Disinggung mengenai kualitas udara di Kota Cimahi,Chanifah menyebut bila kualitas udara Kota Cimahi berada di tingkat yang baik.

Ia pun menyebutkan bahwa hasil uji emisi akan memperlihatkan apakah masyarakat Kota Cimahi sudah melakukan perawatan terhadap kendaraannya dengan baik atau kah sebaliknya.

Karena menurut Chanifah, kendaraan dengan bahan bakar fosil berpotensi untuk mencemari lingkungan terutama bila tidak dirawat dengan baik.

Senada dengan Chanifah, Kepala Bidang Penaatan Hukum Lingkungan DLH Kota Cimahi Ario Wibisono mengungkapkan bahwa kualitas udara di Kota Cimahi relative baik bila dibandingkan dengan kota-kota lain di sekitarnya, “Alhamdulillah dua tahun terakhir kualitas udara Kota Cimahi cukup baik dibandingkan dengan wilayah Bandung Raya lainnya dan mudah-mudahan ini bisa kita jaga terus dan salah satu upayanya adalah seperti ini kita melakukan uji emisi gratis,” tutur Ario.

Ia optimis masyarakat Kota Cimahi akan mengikuti uji emisi yang dilaksanakan DLH Kota Cimahi ini karena selain gratis para peserta uji emisi juga dapat melakukan pengecekan kendaraannya,dan ini pun tidak hanya mengecek kualitasnya saja nanti ada arahan dari teknisi dari bengkel kalau misalkan ada yang tidak lulus apa yang harus diperbaiki dan seterusnya,” imbuhnya.

Untuk kendaraan yang tidak lulus Uji Emisi, DLH Kota Cimahi telah berkoordinasi dengan pihak Aspekindo untuk diberikan pengarahan baik dengan bengkel Toyota, Honda dan Daihatsu sehingga dapat ditangani dengan baik agar tidak menimbulkan pencemaran udara dan menurunkan tingkat kualitas udara Kota Cimahi.

Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda DLH Kota Cimahi R.Lucky Sugih menambahkan bahwa hasil dari pengujian yang dilakukan akan menjadi dasar untuk pengambilan kebijakan Pemerintah Daerah Kota Cimahi terkait strategi untuk memperbaiki kualitas udara di Kota Cimahi.

Hasil dari pengujian ini nantinya sebagai analisa kebijakan bagaimana kepala daerah mengambil kebijakan tentang pengendalian pencemaran udara dan terkait alat transportasi massa.”
Lucky mengungkapkan antusias masyarakat Kota Cimahi sangat tinggi terhadap kegiatan Uji Emisi Gratis ini, terlihat dari partisipasi masyarakat yang tinggi mulai dari pagi hari.

Ia berharap antusiasme ini dapat bertahan hingga hari terakhir uji emisi sehingga target Uji Emisi Gratis tercapai dan hasil pengukuaran kualitas udara Kota Cimahi betul-betul mencerminkan kualitas udara Kota Cimahi. (Bidang IKPS/Arif.s)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • DPRD Ciamis Bahas PPDB hingga Izin Operasional SMAN/SMKN Tambaksari Ke DPRD Jabar
  • Hari Budaya Menabung, Plt Walikota Cimahi Himbau Siswa Budayakan Sejak Dini
  • Kapendam XII/Tpr, Resmi Berganti
  • Ketua DPD KNPI Riau Protes Keras
  • Komisi ll DPRD JABAR Berharap Koperasi dan Usaha Kecil Bisa Berinovatif
  • Untuk Tingkatkan Wawasan Guru Ngaji, Pemkot Cimahi Beri Pelatihan
  • Alhamdulillah, Kemenag RI Tetapkan Siak Sebagai Kota Wakaf di Indonesia
  • Launching BIDARI untuk UMKM, Ini Harapan Ketua Baznas Riau
  • Pemprov Matangkan Persiapan Hari Jadi ke-67 Provinsi Riau
  •  
     
     
    Minggu, 07 Maret 2021 - 22:41:49 WIB
    Rapat Finalisasi LKPJ 2020,
    Bupati Sergai Minta OPD Laporkan Kinerja Tiap Bulan
    Rabu, 28 April 2021 - 20:19:06 WIB
    Kapolri : Negara Tidak Boleh Kalah dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua
    Senin, 20 September 2021 - 08:34:43 WIB
    Kapolres Kampar Berikan Klarifikasi Terkait Bentrok Eks Karyawan dengan Security PT. Padasa
    Kamis, 25 November 2021 - 08:24:43 WIB
    Bertemu Menlu Prancis, Presiden Dorong Percepatan Indonesia-EU CEPA
    Kamis, 02 Maret 2023 - 10:07:58 WIB
    Jalin Sinergitas GOW Lakukan Kunjungan Konsolidasi Ke DWP Kabupaten Kampar
    Selasa, 16 Februari 2021 - 18:42:31 WIB
    Fasilitas Tak Lengkap, RSD Madani Ditolak BPJS Kesehatan
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 09:14:45 WIB
    Jaksa Batam Ajukan Banding, Dua Terdakwa Sindikat Narkoba Internasional Lolos Hukuman Mati
    Minggu, 16 Februari 2020 - 11:05:40 WIB
    Karhutla
    Gandeng Pakar dari UNRI Dan UIN Suska, Kapolda Riau Diskusi Karhutla 2020
    Rabu, 10 Maret 2021 - 12:40:51 WIB
    Kapolri Minta Korlantas Terus Berinovasi
    Senin, 20 Juli 2020 - 12:55:29 WIB
    Menuju Era Baru Rimbang Baling Menjadi Taman Nasional
    Selasa, 02 Februari 2021 - 13:34:40 WIB
    Komsos sebagai sarana Kebersamaan Babinsa dengan tokoh Masyarakat Desa
    Kamis, 19 November 2020 - 08:15:33 WIB
    Bumikan Pembauran
    Tim FPK Riau Berkunjung di 12 Kabupaten/Kota, Sosialisasikan Pilkada Damai
    Rabu, 10 Juni 2020 - 13:16:59 WIB
    Sambut New Normal, Babinsa Koramil 07/Alasa Ajak Warganya Tetap Patuhi Protokol Kesehatan
    Selasa, 31 Agustus 2021 - 09:20:06 WIB
    Walikota Sebut Ada Penurunan Kasus Covid-19 Selama PPKM
    Jumat, 08 Oktober 2021 - 09:37:40 WIB
    September 2021, NTP Riau Tertinggi di Indonesia
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved