Rabu, 02 Desember 2020  
 
Bupati Serdang Bedagai Tinjau Panen Perdana Sei Nagalawan Di Kecamatan Perbaungan

Riswan L | Sumut
Selasa, 21 Juli 2020 - 08:45:00 WIB
Serdang Bedagai, Tiraskita.com - Bupati Serdang Bedagai Ir. H Soekirman meninjau panen perdana di Dusun III Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, Senin 20 juli 2020. Bupati memantau ketersediaan pangan di kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) di tengah pandemi Covid-19.

Pada kegiatan tersebut juga dihadiri oleh, Kadis Pertanian Radianto Panjis, SP, MMA, Kepala BPS Sergai Herman, SE, Camat Teluk Mengkudu Romian Parulian Siagian, S.STP, M.Si, Kepala Desa, Ketua Kelompok Tani Suka Maju, Rony Purba, Gapoktan, Poktan, P3A, penyuluh pertanian, serta masyarakat sekitar.

Dalam Sambutannya Bupati Ir. H Soekirman mengucapkan, Sangat berterimaksih dan bersyukur kepada Tuhan karena pada hari ini dipertemukan di tempat yang berbahagia dengan suasana alam terbuka berlatar belakang lahan pertanian. Saya ucapkan selamat kepada para petani atas panen padi ini, semoga hasil yang didapat memuaskan sesuai harapan kita semua.

Bahwa hingga saat ini telah melakukan peninjauan kondisi lahan pertanian, irigasi serta usaha perikanan air tawar dari masyarakat yang kreatif dan inovatif, mampu menyesuaikan dengan kondisi dan iklim yang ada,"Ujarnya.

Ia juga Mengemukakan bahwa syarat bertani itu adalah tanah, air, iklim, dan ada SDM-nya. Untuk unsur tanah, ada bermacam-macam jenis, dan tanah di Sergai ini tergolong subur karena dibentuk oleh dataran banjir. Kemudian tanah memiliki unsur kimia yang tarik menarik tentang hal yang positif antara masyarakat dan pemimpin, sehingga jika sudah berpadu hal yang positif, maka akan terwujud keberlanjutan pembangunan di kabupaten yang kita cintai ini.

Sementara itu lanjutnya Soekirman, untuk unsur air, dahulu masih sulit para petani mendapatkan air, yang dimasa pemerintahan Erry-Soekirman membuat program bagaimana agar petani di Sergai ini berkecukupan air.

Lanjut Soekirman lagi, Hal demikian kami tindak lanjuti dengan pembangunan bendungan utama Sei Ular, disusul dengan bendungan lainnya seperti Bajayu, Sei Bamban, dan irigasi lainnya sehingga saat ini sudah mengairi ribuan hektar lahan petani. Oleh karenanya, mari bersama kita menyampaikan kepada masyarakat bahwa pembangunan itu nyata, dan terus dilaksanakan secara berkelanjutan.

Dalam hal SDM Bupati Soekirman menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai, sangat mengapresiasi usaha dan kegotong royongan masyarakat petani disini dengan berswadaya bersama membangun dan memperbaiki saluran irigasi untuk lahan yang ada. Ini merupakan bentuk nyata para petani disini sangat inovatif dan mandiri. Di sini juga perlu disampaikan bahwa tidak semua irigasi merupakan urusan kabupaten, karena juga terdapat urusan provinsi dan pemerintah pusat,"Jelasnya.

Untuk irigasi maupun infrastruktur lainnya yang merupakan urusan daerah,"Ucap Soekirman lagi, segala usulan dan aspirasi yang disampaikan baik melalui mekanisme Musrenbang desa, kecamatan hingga kabupaten maupun aspirasi langsung akan segera kami bahas dan realisasikan sesuai mekanisme dan anggaran yang tersedia, serta akan disupport dengan mengusahakan agar bantuan-bantuan dari Provinsi dan Pemerintah Pusat dapat sebanyak-banyaknya dialokasikan ke Kabupaten Sergai.

"Sementara untuk peningkatan keterampilan bagi masyarakat, pemerintah daerah akan terus mendukung pengembangan sektor UMKM, pertanian dan perikanan dengan program-program lokal dari anggaran daerah maupun nasional dari Kementerian terkait,"Pungkasnya.

Sedangkan untuk unsur iklim atau cuaca, karena cuaca di sini tidak dapat diprediksi, sehingga kita perlu teliti dan cermat dalam memilih bibit tanaman yang tahan cuaca. Untuk semua itu mari kita terapkan dalam kehidupan ini kuncinya adalah 3K, Kebijakan (kebijakan desa, kecamatan dan kelompok tani harus sama dan selaras), Kelembagaan (kelompok tani, P3A harus sejalan), serta Kebersamaan (kita harus bersama dalam segala hal sehingga seluruh pekerjaan akan dapat dikerjakan dengan bergotong royong),"Tandas Bupati Ir. H Soekirman.

Ketua Kelompok Tani Suka Maju Rony Purba dalam sambutannya mengucapkan, Sangat mengapresiasi dan suatu kehormatan atas kehadiran Bupati Sergai yang meninjau serta ikut serta pada panen padi perdana di desa kami ini. Perlu disampaikan juga bahwa kami masyarakat petani disini berasal dari dua kecamatan yaitu Perbaungan dan Teluk Mengkudu.

"Pada kesempatan ini kami menyampaikan aspirasi dan mohon petunjuk tentang permasalahan irigasi, kelangkaan pupuk, infrastruktur jalan, serta pemberdayaan masyarakat khususnya UMKM, usaha perikanan dan pertanian," Lanjutnya.

Kami berkomitmen untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga budaya bergotong royong dalam keseharian, seperti beberapa aliran irigasi yang kami bangun secara swadaya dan berharap dengan dukungan pemerintah melalui Bupati, akan dapat lebih meningkatkan hasil pertanian kami disini.

Kami siap bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,"pungkas Rony Purba.(Mendrova)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Ridwan Kamil Terima Batik Tulis Hasil Karya Penyandang Disabilitas
  • Plt. Walkot Tekankan Pentingnya Komitmen Bersama Untuk Pengurangan Risiko Bencana
  • DKPP Akan Periksa Anggota KPU Rokan Hilir dan Seorang Penyelenggara ADHOC
  • Perwira Harus Mampu Menempatkan Hukum Secara Proporsional
  • Uu Ruzhanul Sebut Sekolah Demokrasi Penting bagi Generasi Muda
  • Korpri Harus Jadi Alat Pemersatu Bangsa
  • Pemprov Jabar Sabet Bhumandala Rajata
  • Pramuka se-Jabar Tanam 27.250 Bibit Pohon di Hari Menanam Pohon Indonesia
  • Persami Pramuka SWK Kodam III/SLW di wil Kodim 0620/Kab Cirebon Tetap Patuhi Protkes
  •  
     
     
    Sabtu, 31 Oktober 2020 - 10:32:47 WIB
    Babinsa Koramil 07/Alasa melaksanakan patroli penegakan Displin protokol Kesehatan
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 12:58:08 WIB
    LAWAN COVID-19
    Angkut Penumpang Lagi, Garuda Indonesia Terapkan Prosedur Ketat
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 19:16:58 WIB
    Bawa Senjata dan Peluru, Bos Perusahaan Diamankan di Bandara Soetta
    Senin, 15 Juni 2020 - 10:40:56 WIB
    GERAKAN MUDA BUAH BATU CORP KOTA CIMAHI (GEMA BBC KOTA CIMAHI) BERBAGI BANSOS
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 19:25:39 WIB
    KSB Leuwi Gajah Kota Cimahi Lakukan Reboisasi Untuk Hindari Bencana Alam
    Jumat, 19 Juni 2020 - 20:16:28 WIB
    Kasus Proyek Media Luar Ruangan
    Usut Dugaan Korupsi di Bank Riau Kepri, Jaksa Periksa PT Mimbar Production
    Jumat, 28 Agustus 2020 - 09:11:14 WIB
    Honda Hadirkan Kendaraan Listrik Bodi Mungil, ini Selengkapnya
    Jumat, 26 Juni 2020 - 18:55:43 WIB
    Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Kabupaten Kampar, Dinas PM-PTSP Gelar FGD
    Minggu, 07 Juni 2020 - 00:14:19 WIB
    MOI Sukses Laksanakan Pra UKW Via Zoom
    Rabu, 16 September 2020 - 19:39:14 WIB
    Bersama Tim Gugus Tugas, Koramil Arjawinangun, Gelar Ops Gakplin Protkes
    Minggu, 09 Agustus 2020 - 17:38:02 WIB
    Koramil 2016/Palimanan Kodim 0620/Kab Cirebon, Sediakan Wifi Gratis untuk Belajar Daring Bagi Pelaja
    Selasa, 02 Juni 2020 - 23:17:38 WIB
    Seorang Warga Di Temukan Tidak Bernyawa Di Kebun Di Desa Saitagaramba Nias
    Minggu, 05 Juli 2020 - 09:15:25 WIB
    Korem 133/Nani Wartabone Dirikan Dapur Umum Untuk Bantu Korban Banjir
    Rabu, 15 Juli 2020 - 21:17:44 WIB
    Komandan Kodim 0808/Biltar Sambut Kunker Komandan Korem 081/DSJ
    Jumat, 28 Agustus 2020 - 12:54:04 WIB
    LAWAN COVID-19
    Jumat, Ridwan Kamil Jalani Penyuntikan Pertama Relawan Vaksin COVID-19
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved