Minggu, 16 Mei 2021  
 
Hasil Inspeksi Mendadak (Sidak)
6 Ton Beras Bantuan CSR PLN Masih Menumpuk di Gudang PT SPM

Riswan L | Nasional
Senin, 01 Juni 2020 - 19:01:05 WIB

Pekanbaru, Tiraskita.com - Sebanyak 6 ton beras yang dibungkus dalam karung bertuliskan CSR PLN ukuran 5 Kg hingga kini masih mengendap menumpuk, belum disalurkan di gudang PT Sarana Pangan Madani (PT SPM) yang berada di Jalan Patimura ujung, Pekanbaru Riau.

Kondisi ini diketahui saat Komisi I DPRD Pekanbaru melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke gudang pengepakan Bantuan Sosial (Bansos) Gugus Tugas Covid-19, Kamis (28/5/2020).

Anggota Komisi I, Ida Yulita Susanti menjelaskan, saat pihaknya mempertanyakan kepada petugas gudang, mereka mengaku beras ini merupakan titipan dari Ketua RW Siaga Kota Pekanbaru, Anis Murzil.

Setahu Ida, bantuan untuk RW Siaga sudah termasuk dalam Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi ke 83 Kelurahan se-Pekanbaru. Untuk itu Ida mendesak Pemko Pekanbaru melakukan transparansi bantuan CSR dari seluruh perusahaan selama masa covid-19.

"Tolong jelaskan perusahaan mana saja dan berapa nilainya. Jika memang ini CSR, Pemko Pekanbaru harus umumkan perusahaan mana yang sudah memberikan CSR-nya. Jangan sampai nanti barang didistribusikan Pemko, ternyata itu CSR. Kita tidak mau ada tumpang tindih bantuan dan jangan sampai Pemko memanfaatkan kondisi dengan mendistribusikan bantuan yang jelas-jelas bukan berasal dari dana Pemko Pekanbaru," tegas politisi Golkar DPRD Kota Pekanbaru ini.

Dia juga mempertanyakan, bantuan 6 ton beras ini diperuntukkan kepada RW Siaga yang mana. Apakah untuk satu kecamatan saja dan seperti apa mekanisme pembagiannya.

"Kenapa harus parkir di sana? Intinya tidak ada transparansi dari Pemko Pekanbaru. Bahkan sampai PSBB tahap ketiga ini belum ada penjelasan apapun dari Pemko Pekanbaru. Sementara sekarang jelas-jelas terbukti yang kita lihat ini masih banyak bantuan sembako yang masih mengendap di gudang dan belum tersalurkan. Trus ini mau diapakan, sementara PSBB sudah berakhir dan masyarakat selama ini sudah kelaparan," ujarnya.

Terkait hal ini, Direktur Utama PT SPM, Ade Putra Daulay Kahmi saat dikonfirmasi via selurnya, Jumat (29/5/2020) teleponnya tidak aktif. Begitu juga saat ditelepon ke no WA-nya juga tidak mengangkat. Berikut saat dikirimkan pesan melalui WhatsApp-nya juga tidak dibalas oleh yang bersangkutan.

Sementara itu, menurut pengakuan petugas gudang PT SPM bahwa Ketua RW Siaga, Anis Murzil membantah jika bantuan untuk RW Siaga ada dalam nomenklatur Bankeu Provinsi. Menurutnya, Bankeu Provinsi yang Rp100 juta satu kelurahan itu diatur oleh Lurah setempat.

Dijelaskan Anis, bantuan CSR PLN 6 ton ini adalah salah satu program RW Siaga yang melakukan open donasi ke perusahaan di Pekanbaru. Sejauh ini sudah ada dua perusahaan yang memberikan bantuan. Rinciannya, 6 ton dari PLN dan 2 ton dari BTN.

Bantuan ini diserahkan PLN pada hari Rabu (20/5/2020) sebelum lebaran lalu, sehingga belum bisa didistribusikan karena libur Idul Fitri 1441 H.

Untuk bantuan dari PLN, pihak PLN meminta bantuan diberikan ke Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru saja. Artinya, Anis harus bermusyawarah dengan RW di Payung Sekaki yang jumlahnya 48 RW.

"Besok kita rapat dengan RW, lurah dan camat jam 10. Apakah kita bagi rata ke mereka atau RW yang banyak masyarakat miskinnya dapat porsi lebih," tuturnya.

Terkait kenapa beras ini diparkir di gudang PT SPM, Anis beralasan karena gudang RW Siaga berada di lantai dua Mall Pelayanan Publik (MPP) kantor Wali Kita Pekanbaru lama Jalan Sudirman Pekanbaru, yang mana akan kesulitan jika harus dibawa naik turun.

Sebagaimana diberitakan sejumlah media sebelumnya bahwa bantuan 6 ton beras ini adalah sebagai bentuk kepedulian PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Sumatera (UIP3BS) dalam upaya percepatan penanggulangan Covid-19.

Dalam dua bulan terakhir sudah diserahkan bantuan pangan bagi masyarakat Riau sebesar total Rp800 juta. Nilai bantuan ini diberikan pada bulan April dan Mei 2020 ini. Penyaluran bantuan tersebut melalui program PLN Regional Riau, PLN Peduli, dan YBM PLN UIP3BS selama masa pandemi Covid-19.

Dan Rabu (20/5/2020) kemarin, pemberian bantuan kembali dilakukan dalam bentuk beras sebanyak 6 ton. Penyerahan dilakukan GM PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sumatera, Nur Wahyu Dhinianto didampingi SRM SDMU Sutarno dan SRM Sistem Transmisi 1 Abdul Salam Nganro.

Bantuan secara simbolis ini diterima Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi SSi didampingi Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru, El Syabrina. Penyerahan bantuan dilakukan di lantai 3 Ruang Rapat Walikota di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru.

"Selama pandemi Covid-19, PLN UIP3BS sudah menyerahkan bantuan pangan kepada masyarakat di Provinsi Riau. Mulai April hingga Mei 2020 dengan total hampir Rp800 juta,'' ungkap Nur Wahyu Dhinianto.

Lanjutnya, penyerahan bantuan bencana Covid-19 bagian dari program PLN Peduli dengan harapan bisa meringankan beban masyarakat.

''Terutama yang terdampak Covid-19 yang berada di sekitar aset PLN,'' imbuhnya.

Wawako, Ayat Cahyadi mengapresiasi bantuan yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dari PLN UIP3BS.

"Kita mengapresiasi bantuan tersebut. Ini akan kita bagikan pada masyarakat yang membutuhkan,'' ujar Ayat.

Upaya penanganan Covid-19, sambungnya, memang membutuhkan dukungan semua pihak.

''Karena pemerintah tanpa didukung berbagai elemen masyarakat dan pelaku usaha tidak maksimal menekan dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini,'' tutupnya.***

Sumber : DetakIndonesia.co.id


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Bupati Pelalawan H.Zukri Turut Basah Bersama Warga Di Kec.Bunut
  • Kapolres Kampar Instruksi Jajarannya Awasi Potkes di Tempat Wisata
  • Libur Idul Fitri, Polsek Panongan Polresta Tangerang Pantau Prokes di Objek Wisata Dan Mall
  • Presiden Jokowi Akan ke Kaampar, Bupati Kampar dan Gubri Pantau Persiapan
  • Terapkan Prokes, Tempat Wisata Saat Lebaran di Sergai Tetap Buka
  • Wamenkumham Sampaikan Remisi Idul Fitri
  • Bupati Pelalawan Zukri Misran Terima Pengurus IKN Pelalawan
  • Kesempatan ini Jangan Lewatkan; Beasiswa Kolaborasi Dikti, LPDP dan StuNed Dibuka, Link Daftarnya
  • Veronica Tan Kini Berubah Jadi Sosok Mengejutkan
  •  
     
     
    Rabu, 20 Mei 2020 - 12:40:52 WIB
    LAWAN COVID-19
    Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar, Melepas Pendistribusian 1000 Paket Beras Kepada Warga
    Selasa, 13 April 2021 - 20:36:17 WIB
    Bisa Raup Untung Ratusan Juta Rupiah,
    Ini Rahasia Menanam Porang Tanpa Modal
    Minggu, 04 April 2021 - 21:56:53 WIB
    Beredar Video Joget TikTok Napi Wanita dan Pria di Lapas
    Rabu, 03 Juni 2020 - 09:39:30 WIB
    UPATE KASUS COVID-19
    Awal Juni Total Ada 13 Wilaya Indonesia Loporkan Nol Kasus Covid-19, Termasuk Riau
    Selasa, 14 April 2020 - 10:44:57 WIB
    CEGAH PENYEBARAN COVID-19
    Bupati H Sukiman Bangga, Seluruh Komponen Masyarakat Rohul Bersatu Menanggulangi Covid 19
    Rabu, 13 Januari 2021 - 14:01:45 WIB
    Kapolsek Kampar Pimpin Operasi Justisi Tindak Pelanggar Protkes Dikawasan Pasar Airtiris
    Minggu, 02 Mei 2021 - 22:44:28 WIB
    Zonariau.com Dan Tiraskita.com Ikut Dalam Daftar
    Polda Banten Beri Penghargaan Kepada 182 Media Massa, Ini Daftarnya
    Senin, 26 April 2021 - 18:10:32 WIB
    Pembangunan RSUD Nias Selatan Diduga tidak Memenuhi Stuktur Standar Bangunan Rumah Sakit
    Senin, 13 Juli 2020 - 13:37:24 WIB
    Dirjen Perhubungan Udara Tegaskan, Tidak Akan Intervensi Proses Hukum Terhadap Pilot Terlibat Narkob
    Kamis, 30 Januari 2020 - 16:43:20 WIB
    Jalin Sinergitas, IWO Riau Silaturahmi Dengan Sekdaprov Yan Prana
    Selasa, 23 Februari 2021 - 08:15:09 WIB
    Catur Sugeng S, SH, Buka Musrenbang Perdana Di Kecamatan Tapung
    Jumat, 18 Desember 2020 - 10:25:32 WIB
    Perkuat Ekonomi, Mendag Teken MoU IK-CEPA
    Kamis, 26 Desember 2019 - 06:59:55 WIB
    Ancelotti Ingin Jumpa Liverpol, Ini Alasan nya
    Kamis, 21 Mei 2020 - 21:32:26 WIB
    Pangdam IV/ Dip Bersama Kapolda Jateng Kompak
    Sabtu, 27 Februari 2021 - 17:27:04 WIB
    Putra Mantan Panglima ABRI Try Sutrisno Kini Sudah Jadi Jenderal TNI
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved