Sabtu, 28 Januari 2023  
 
Ketum HIMNI Marinus Gea : Perlindungan Hak-Hak Anak di Kepulauan Nias Tanggung Jawab Bersama

Sefi Zai | Nasional
Minggu, 02 Agustus 2020 - 14:57:02 WIB


TERKAIT:
   
 
Jakarta | Tiraskita.com - LBH-HIMNI menggelar diskusi webinar dalam memperingati Hari Perlindungan Anak dengan tema Situasi Perlindungan Huk Hak-Hak Anak di Pilau Nias pada hari kamis, 30 Juli 2019. Jakarta, Minggu (2/7/20)
Marinus Gea selaku Ketua Umum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) memyampaikan bahwa perlindingan anak-anak di Pulau Nias menjadi tanggung jawab bersama.

“Perlindungan terhadap hak hak anak khususnya di Pulau Nias harus menjadi tanggung jawab bersama. Hal ini disampaikan Marinus saat menjadi Keynote Speaker pada acara webinar tersebut. Jakarta, Minggu 2/7/20.

Menurut Marinus, perlindungan terhadap hak hak anak di pulau Nias masih belum berjalan dengan baik. Hal tersebut terlihat dengan masih banyaknya ditemukan kasus dan pengaduan mengenai masalah perlindungan hak-hak anak di pulau Nias.
“Beberapa kasus yang masih sering ditemukan seperti, masalah terhadap perolehan identitas anak. Hal tersebut terjadi karena masih banyak anak di pulau Nias yang lahir tidak dibantu oleh tenaga medis dan tidak lahir di Rumah sakit melainkan masih dibantu oleh dukun beranak, bahkan hingga anak sudah menginjak usia sekolah pun masih belum memiliki akta kelahiran” Ujar Marinus yang juga anggota DPR RI Komisi III.

Selain itu, diskriminasi pendidikan, tindak kekerasan dan berbagai kasus lain merupakan masalah yang sering timbul dan dialami oleh anak di pulau Nias. Hal tersebut terjadi bukan hanya saja karena kelalaian orang tua, akan tetapi oleh faktor faktor lain seperti ekonomi dan kemiskinan serta informasi yang salah dan diterima langsung oleh anak. Keadaan tersebut kadang kala sering dimanfaatkan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga menjerumuskan pergaulan kehidupan anak. Tatkala didengar saat ini anak anak dipulau Nias dengan mudah memperolah informasi dan bahkan telah menggunakan barang narkotika. Lanjutnya

“Perlindungan terhadap hak-hak anak ini harus menjadi tanggung jawab bersama dari semua kalangan dan dari semua pihak, karena anak merupakan harapan masa depan bangsa. Perlindungan terhadap hak-hak anak ini juga harus didukung oleh pemerintah daerah melalui penerbitan PERDA tentang perlindungan anak.” Ucap Marninus Gea yang merupakan salah seorang Tokoh Nias

Seperti diketahui saat ini peraturan daerah yang mengatur tentang perlindungan anak di pulau Nias baru dimiliki oleh daerah Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias. Marinus berharap langkah yang telah dicapai oleh kedua daerah tersebut dapat diikuti oleh daerah lain sebagai bentuk pemberian jaminan hukum kepada anak anak di pulau Nias sebagaimana juga telah diatur dalam undang undang perlindungan anak.

Marinus menghimbau dan mendorong semua pihak untuk bahu membahu mengawal terwujudnya perlindungan anak yang baik di pulau Nias.

Pada kesempatan tersebut juga Marinus sebagai Pembina LBH-HIMNI menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh elemen LBH-HIMNI yang telah menyelenggarakan diskusi ini sebagai salah satu perwujudan dari program LBH-HIMNI untuk memberikan penyuluhan hukum tidak hanya kepada mahasiswa hukum ono niha tetapi juga kepada masyarakat umum.

Marinus berharap kegiatan kegiatan seperti ini terus dilanjutkan dan dikembangkan lebih lagi, sehingga tujuan untuk memberikan pengenalan hukum khususnya kepada masyarakat ono niha dapat terwujud.

“Diharapkan melalui kegiatan diskusi ini dapat memberikan energi positif bagi semua kalangan terlebih kepada adik-adik mahasiswa untuk lebih memperhatikan dan memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap perlindungan hak anak dan problematika lain di Pulau Nias.” Harapnya.

Webinar Perlindungan Anak di Pulau Nias ini diselenggarakan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) dalam rangka Hari Anak Nasional tahun 2020. Webinar ini merupakan kali keempat yang diselenggarakan oleh LBH-HIMNI dalam rangka Pelatihan Dan Pengembangan Mahasiswa Hukum Ono Niha Se-Indonesia. Webinar dilaksanakan melalui aplikasi online (zoom cloud meeting). Webinar dibuka oleh Direktur LBH HIMNI Wiradarma Harefa, S.H.,M.H yang menyampaikan opening speech. Pembina LBH-HIMNI yang sekaligus juga merupakan Ketua Umum HIMNI Marinus Gea, S.E., M.Ak sebagai Keynote Speaker. Adapun empat pembicara, yaitu Sukartini Wau/Ny. Lakhomizaro Zebua (Kabid KB, ketahanan & kesejahteraan keluarga kota Gunungsitoli), Aipda Jonnes A Zai (Kanit PPA Sat Reskrim Polres Nias), Chairidani Purnamawati, S.H (Manager Area Pusat Kajian dan Perlindungan Anak Nias-PKPA Nias), Dr. Beniharmoni Harefa, S.H., LL.M (Dosen Hukum Perlindungan Anak FH UPN Veteran Jakarta) dan juga

Webinar ini di moderatori oleh Dellinus Sarumaha, S.H, dan berakhir pada pukul 13.00 WIB setelah berlangsung hampir 3 jam yang diikuti oleh kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan : aparat penegak hukum, akademisi, praktisi, dan mahasiswa hukum dari berbagai kampus di Indonesia baik yang asal Nias maupun non Nias.
Sumber : LBH HIMNI


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Hasil Rapat Pleno KI Pusat Tetapkan Kampar Sebagai Tuan Rumah HKIN 2023
  • Angka Stunting di Riau 2022 Turun, Kadiskes Sebut Berkat Kerja Keras Kawan-Kawan di Puskesmas
  • Kejar Target! Kadiskes Riau Berencana Kumpulkan Dinkes Kabupaten/Kota Bahas Stunting
  • Hakim-Hakim di Jepang Buat Prof Mahfud Kaget
  • Apartemen Ayam, Solusi Peternak Milenial
  • Luar Biasa... Warga Kembali Serahkan Senjata Api Ke Satgas Yonarmed 5/105 Tarik/Pancagiri
  • Keren.... Kodim 0617/Majalengka Rehab Rumah Veteran
  • Tahun 2023 Pemko Pekanbaru Fokus Bangun Proyek Menyentuh Masyarkat
  • Anggota Komisi V DPRD JABAR Monitoring Pembangunan Gedung Blok l Dan Blok lV RSUD) ota Bogor
  •  
     
     
    Selasa, 08 Desember 2020 - 09:22:50 WIB
    IRT Korban Jambret Tewas, Pelaku Berhasil di Ringkus Polsek Tampan
    Jumat, 04 September 2020 - 12:27:43 WIB
    Babinsa Koramil 2004/Losari Kodim 0620/Kab Cirebon, Dampingi Pembelajaran Jarak Jauh Para Pelajar
    Kamis, 10 Februari 2022 - 12:28:56 WIB
    Walikota Pastikan PTM Terus Berlanjut
    Senin, 25 Juli 2022 - 12:39:49 WIB
    Sepeda Motor Listrik "GESIT" Segera Hadir Di Prov Riau, Alternatif Untuk Hemat BBM
    Selasa, 05 Oktober 2021 - 13:57:40 WIB
    Bupati Tapanuli Tengah Adakan Ramah Tamah Dengan Tokoh Agama
    Rabu, 05 Januari 2022 - 09:49:37 WIB
    Pameran Foto Kegiatan Reses DPRD Jabar
    Senin, 20 September 2021 - 18:57:19 WIB
    Pangdam III/Siliwangi Tinjau TMMD 112 Di Pulo Merak Cilegon
    Minggu, 15 November 2020 - 07:48:30 WIB
    Penutupan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0620/Kab Cirebon
    Minggu, 29 Desember 2019 - 06:14:59 WIB
    Ditpolairud bersama tim sar gelar apel gabungan Wisata Libur Natal Dan Tahun Baru
    Jumat, 08 April 2022 - 13:51:10 WIB
    Jelang HUT TNI AU, Lanud S Sukani Gelar Ziarah Ke TMP Sawala
    Kamis, 02 Juli 2020 - 19:44:14 WIB
    SEMPATKAN DIRI TINJAU LAHAN
    Plh. Bupati Bengkalis Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Kantor Camat Bandar Laksamana
    Rabu, 20 Mei 2020 - 12:51:42 WIB
    LAWAN COVID-19
    Bupati Kampar Menyerahkan Bantuan BLTDD bagi masyarakat Kampar Kiri Tengah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 10:20:44 WIB
    AGAR BANTUAN INI TERSALURKAN DENGAN TEPAT SASARAN
    Penyaluran BLT-DD Di Wilayah Bozihona, Di Hadiri Oleh Babinsa Koramil 03/ Idanogawo
    Rabu, 20 Mei 2020 - 19:25:00 WIB
    INFO PENCEGAHAN
    KPK Imbau PN Laporkan Penerimaan Gratifikasi terkait Hari Raya
    Jumat, 21 Februari 2020 - 21:44:13 WIB
    Anggota DPR Marinus Gea
    Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Marinus Gea : Rekrutmen Taruna Dan Taruni Akpol Harus Jelas
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved