Sabtu, 25 Juni 2022  
 
Antisipasi Ketahanan Pangan
Kapolresta Pekanbaru, Walikota Pekanbaru & Dandim 0301 Pekanbaru Resmikan Kampung Tangguh

Sefi Zai | Pemko Pekanbaru
Kamis, 09 Juli 2020 - 19:15:56 WIB


TERKAIT:
   
 
PEKANBARU | Tiraskita.com - Kapolresta Pekanbaru bersama Walikota Pekanbaru dan Dandim 0301 Pekanbaru resmikan Kampung tangguh dalam rangka antisipasi ketahanan pangan di kota Pekanbaru.

Sesuai dengan program Panglima TNI dan Kapolri paskah pemberlakuan PSBB dengan merebaknya virus covid 19 yang sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat, Polresta Pekanbaru bersama Pemerintah Kota Pekanbaru dan Kodim 0301 Pekanbaru menjadikan kelurahan Argowisata yang berada di kecamatan Rumbai sebagai lahan percontohan ketahanan pangan di kota Pekanbaru.

Peresmian Kampung Tanggung Nusantara kota Pekanbaru dilaksanakan oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya SIK MH bersama Walikota Pekanbaru Ir Firdaus ST MT dan Dandim 0301 Pekanbaru Letkol Inf Edi Budiman SIP kamis 09 Juli 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolresta Pekanbaru AKBP Yusuf Rahmanto SIK MH, PJU Polresta Pekanbaru, Kapolsek Jajaran, Danramil, Camat, ibu Ketua Bayangkari kota Pekanbaru Ibu Hj Vinna Nandang, tokoh masyarakat dan masyarakat tempatan.

Dalam sambutannya Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang menyebutkan bahwa "Kampung tangguh ini bertujuan untuk mengantisipasi ketersediaan pangan bagi masyarakat saat menghadapi pandemi covid 19 di kota Pekanbaru".

'Kampung Tangguh Nusantara ini suatu lokasi kampung atau Kelurahan maupun desa yang memiliki kategori berbagai aspek ditinjau dari aspek kesehatannya apakah Kampung tersebut memenuhi standar protokol kesehatan dengan didirikannya posko kesehatan" unggah Kombes Nandang.

"Perilaku hidup baru atau nomor normalife Setiap warga yang ada di kota Pekanbaru ini benar-benar harus mematuhi protokol Kesehatan baik penggunaan masker, kemudian pengukuran suhu, kemudian juga membersihkan tangan dan menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain" tambah Kombes Nandang.

Faktor Keamanan suatu kampung juga merupakan Salah satu syarat dari kampung tangguh Nusantara ini, Kelurahan agro lestari telah memiliki pos ronda sebagai pintu masuk dan keluar sehingga bisa mengontrol orang yang akan masuk dan keluar dari perkampungan" sebut Kombes Nandang.

"Ketahanan pangan ternyata di kampung agrowisata ini sudah ada lahan yang siap untuk ditanam atau pun siap dipanen, berupa bahan kebutuhan pokok masyarakatnya tumbuh-tumbuhan ataupun tanaman yang bisa ditanam dengan masa tanam usianya 75 hari" ucap Kombes Nandang.

"Gerakan kampung tangguh nusantara yang ada di wilayah Argowisata diharapkan semoga apa yang dilakukan oleh kita semua pada hari ini mudah-mudahan mendapatkan ridho dan barokah dari Allah subhanahu wa ta'ala tuhan yang maha esa" tutup Kapolresta.

Selanjutnya Walikota Pekanbaru Ir Firdaus dalam sambutannya menyebutkan "Polisi memang tugasnya melayani mengayomi dan melindungi masyarakat, namun personil kepolisian yang terbatas mengharuskan kita mampu menjadi polisi bagi diri kita bagi keluarga kita dan bagi lingkungan, dalam hal-hal tertentu polisi juga dibantu oleh TNI sebagai sinegritas TNI-POLRI"

"Alhamdulillah semangat yang kita miliki ini juga menjadi semangat menjasikan kelurahan Argowisata menjayfi Kampung Tangguh Nusantara sehingga gerakan yang dicanangkan hari ini kita harapkan tidak hanya untuk menghadapi pandemi covid 19 ini saja, tetapi harus berkelanjutan" sebut Walikota.

Usai sambutan dari Kapolresta dan Walikota kegiiatan dilanjutkan penyerahan Bansos berupa bibit tanaman dan benih ikan kepada perwakilan, Penyerahan Sembako kepada warga RT 05 RW 05 serta Penyerahan plakat dari Polri dalam hal ini Polresta Pekanbaru kepada warga dan dari warga kepada Polri.

Peresmian kampung tangguh  dilaksanakan oleh Walikota Pekanbaru Ir Firdaus didampingi Kapolresta Pekanbaru Kombes Nandang dan Dandim 0301 Pekanbaru Kolonel Inf Edi Budiman dengan menarik tali tirai plang Kampung Tangguh Nusantara Polresta Pekanbaru serta melepaskan balon sebagi tanda persemian Kelurahan Argowisata yang berada di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru sebagai Kampung Tangguh Nusantara kota Pekanbaru.

Usai meresmikan rombongan Forkopimda Walikota, Kapolresta dan Dandim yang juga diikuti Ketua Bhayangkari Kota Pekanbaru ibu Vinna Nandang didampingi Wakil Ketua Ibu Abel Yusuf beserta pengurus Bhayangkari Kota Pekanbaru melakukan penanaman bibit jagung dan penyebaran bibit ikan ke kolam, peninjauan peternakan Kambing dan peninjauan sekolah SD sebagai sarana pendidikan dikampung tersebut.

Setelah melaksanakan rangkaian kegiatan Kampung Tangguh Nusantara di Kelurahan Argowisata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya SIK MH Beserta rombongan menuju ke kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru untuk meninjau sebuah rumah yang dijadikan sebagai tempat karantina warga Pekanbaru dan warga pendatang yang terindikasi tertular covid 19.

Di Kecamatan Marpoyan Damai ini Kombes Nandang juga melakukan peninjauan Tanaman Hidroponik, jl. Camar Raya Rt 5/Rw 7 Perumahan griya Sidomulyo Kel. Perhentian Marpoyan, dilanjutkan peninjauan UMKM, jl. Merak II Rt 3/Rw 8 Perumahan griya Sidomulyo Kel. Perhentian Marpoyan.

Sebagai ketahanan pangan Kapolresta Pekanbaru melakukan Penaburan bibit ikan di jl. Gelatik III Rt 1/Rw 8 Perumahan griya Sidomulyo Kel. Perhentian Marpoyan dan peninjauan perkebunan Ketahanan pangan, jl. Garuda I Rt 1/Rw 9 Perumahan griya Sidomulyo Kel. Perhentian Marpoyan yang bertujuan sebagai tambahan Kampung Tangguh Nusantara di Kota Pekanbaru.

Humas Polresta Pekanbaru


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • 651 Hektare Lahan di Riau Terbakar pada Semester Pertama 2022
  • Di Usia 238 Tahun, Pj Wali Kota Sebut Pekanbaru Telah Menjelma Jadi Metropolitan
  • Meriahkan Hari Jadi Pekanbaru, Pj Walikota Turun Langsung Iringi Kirab dan Display Drumband IPDN
  • Terkesan Arogansi, Wali Murid Kecewa Terhadap Panitia Penerimaan Siswa Baru SDN 44 Pekanbaru
  • Dalami Subtansi Raperda Penyelenggaraan Perempuan Pansus V Kunjungi DP3AKB Jateng
  • Pemkot Cimahi Gelar Upacara Peringatan HUT Kota Cimahi Ke -21
  • Pansus VI: DLH Jabar Bisa Tiru Sumsel Urus Persoalan Tanah
  • Lapas Kelas IIA Pekanbaru Rutin Lakukan Pengecekan APAR, Memastikan Alat Tetap Berfungsi
  • Dorong Masyrakat Cinta Produk Dalam Negeri, Pemkot Cimahi Launching Sentra IKM Produk Olahan Tempe
  •  
     
     
    Selasa, 28 September 2021 - 13:16:34 WIB
    Danlanud S Sukani Turut Sambut Kunker KASAL Ke Cirebon
    Jumat, 28 Februari 2020 - 07:51:36 WIB
    Bareskrim Mabes Polri melakukan Pemusnahan Narkoba
    Polisi Musnahkan 392 Kg Narkoba, Kabareskrim : Waspadai Jalur Tikus
    Senin, 20 Desember 2021 - 19:03:01 WIB
    Kesiapan Operasi Lilin Lancang Kuning 2021, Polres Kampar Gelar Lat Pra Ops Lilin Lancang Kuning 202
    Kamis, 14 Januari 2021 - 16:17:25 WIB
    Pemkot Mulai Terapkan Sanki Bagi Pelanggar Aturan PPKM
    Sabtu, 08 Mei 2021 - 09:02:26 WIB
    Polres Lebak Berhasil Tangkap Pelaku Penganiaya di SPBU
    Jumat, 04 September 2020 - 11:19:28 WIB
    Simpan Uang Rp 805 Jt, Adik Amril Sebut Untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
    Kamis, 21 Januari 2021 - 18:11:18 WIB
    Bupati Rohil Lantik Anggota Direksi BUMD Rohil PD Sarana Pembangunan
    Sabtu, 05 Juni 2021 - 15:46:15 WIB
    Soal Megawati Sebut Kader Tak Patuh Harus Hengkang, Ini Tanggapan Ganjar Pranowo
    Senin, 16 November 2020 - 10:19:49 WIB
    Sekda Jabar Tutup Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XI 2020
    Senin, 30 Desember 2019 - 05:47:20 WIB
    Gelar RAKERDA, PD IWO Sumenep Targetkan UKW 2020
    Rabu, 03 Februari 2021 - 23:00:01 WIB
    Pemkab Inhil Gelar Pertemuan dengan BPK RI Perwakilan
    Kamis, 29 Juli 2021 - 14:49:02 WIB
    Seorang Kakek Ditangkap Polisi Karna Lakukan KDRT Pada Istri
    Sabtu, 12 Juni 2021 - 15:33:04 WIB
    Tingkatkan Kewaspadaan, Kim Jong-un Minta Korea Utara Tingkatkan Kekuatan Militer
    Minggu, 05 September 2021 - 09:22:24 WIB
    Polres Sukabumi Polda Jabar Bagikan Bansos Sembako Untuk Warga
    Selasa, 13 April 2021 - 20:30:01 WIB
    Sah,
    Kontrak Preservasi Jalintim Riau Rp 585,3 Miliar Ditandatangani
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved