Cimahi tiraskita.com,- Pembukan kejuaraan olah raga  tingkat tingkat pelajar sekota cimahi,utk memperebutkan Piala Wali Kota Cimahi tahun 2024 resmi di buka di Stadion Sangkuriang Kota Cimahi, Juma">
Minggu, 21 Juli 2024  
 
Pembukaan Kejuaraan Olah Raga Tingkat Pelajar Di Buka Pj Wali Kota Cimahi

Kah | Olahraga
Jumat, 01 Maret 2024 - 19:39:52 WIB

Olahraga Pelajar
TERKAIT:
   
 
Cimahi tiraskita.com,- Pembukan kejuaraan olah raga  tingkat tingkat pelajar sekota cimahi,utk memperebutkan Piala Wali Kota Cimahi tahun 2024 resmi di buka di Stadion Sangkuriang Kota Cimahi, Jumat (01/03).

Keikutsertaan para pelajar dalam kejuaraan ini merupakan bentuk komitmen nyata Pemerintah Daerah Kota Cimahi dalam rangka memajukan pembinaan prestasi bagi para siswa-siswi di Kota Cimahi yang nantinya akan menjadi penerus bangsa.

“Kejuaraan Olahraga Pelajar ini merupakan bagian dari upaya untuk menyukseskan program Cimahi Bergerak, yaitu program untuk menggalakan berolahraga dan beraktivitas yang tujuannya untuk membentuk masyarakat yang sehat dan berprestasi,” tutur Dicky.

Sedangkan bagi para pelajar, Dicky menyebut Kejuaraan Olahraga Pelajar merupakan salah satu sarana untuk pembentukan karakter, “Kegiatan ini menjadi ajang bagi pembinaan dan pengembangan olahraga di sekolah dan merupakan salah satu bagian dari empat pilar pendidikan karakter, yang meliputi olah hati atau qolbu, olah rasa, olah pikir, dan olah raga,” sambungnya.

Menurutnya olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan. Olahraga juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building  atau pembangunan watak bangsa.
“Dalam perspektif ini, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa,” lanjut Dicky.

Peningkatan mutu pendidikan telah dilakukan pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan.Ujung tombak dari peningkatan mutu pendidikan adalah kegiatan proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran ini akan lebih efektif apabila ditunjang dengan kondisi kesehatan dan daya kreativitas siswa yang baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan kondisi kesehatan adalah melalui bidang olahraga. Kegiatan yang lebih mengarah pada proses pembelajaran telah dilaksanakan di sekolah-sekolah melalui program-program yang telah tertuang pada kurikulum mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Sedangkan untuk menyemarakkan, memotivasi dan memberdayakan sekolah perlu didukung suatu wadah yang menampung kegiatan tersebut dalam bentuk pertandingan atau kejuaraan olahraga yang salah satu program yang dilaksanakan adalah melalui penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga Pelajar Piala Wali Kota Cimahi ini.
Dicky berharap melalui Kejuaraan Olahraga Pelajar para pelajar dapat menjadikannya sebagai suatu kesempatan sekaligus  kepercayaan  dengan pemikiran bahwa  tidak semua siswa-siswi di Kota Cimahi memiliki kesempatan untuk mengikuti  kejuaraan pelajar ini, sehingga kesempatan yang didapat haruslah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
“Berbagai latihan, disiplin, keterampilan, wawasan kebangsaan dan kesempatan yang diperoleh selama kejuaraan ini, merupakan hal yang amat penting dalam membentuk karakter, identitas dan integritas kalian dan sebagai bekal untuk meraih kesuksesan  di masa depan,” tutur Dicky.

“Lalu dengan menjadi wakil sekolah ataupun klub, berarti kalian diberi kepercayaan, kehormatan, sekaligus tanggung-jawab untuk menumbuhkembangkan kegiatan pembinaan olahraga prestasi di Kota Cimahi dengan menjadi atlet yang berjuang membawa nama harum Kota Cimahi.”

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudoarpora) Kota Cimahi Ahmad Nuryana menyatakan bahwa Kejuaraan Olah Raga Pelajar ini selain untuk  mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar Kota Cimahi, juga sebagai ajang seleksi pembentukan Tim Pelajar Kota Cimahi yang akan dipersiapkan diantaranya untuk POPWILDA dan POPDA.

“Kejuaraan ini juga adalah untuk mencetak dan melahirkan calon-calon atlet terbaik di kalangan pelajar yang akan menjadi atlet andalan Kota Cimahi dan Jawa Barat, juga menjadi momentum peningkatan gairah dan motivasi pelajar untuk berlatih juga berprestasi di ajang olahraga dengan motto Cimahi Bergerak,” tutur Achmad.

Adapun Kejuaraan yang akan berlangsung selama tujuh hari mulai  tanggal 1 Maret hingga 7 Maret 2024 ini diikuti oleh sebanyak 700 (tujuh ratus) orang pelajar dari sekolah-sekolah di Kota Cimahi, diantaranya pelajar SMA/SMK/MA sebanyak 11 Sekolah serta pelajar SMP/MTS sebanyak 13 Sekolah. Dalam kejuaraan ini dipertandingkan 2 cabang olahraga yang terdiri dari bola basket kategori putra dan putri serta sepak bola kategori putra. (Arif.s)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • DPRD Ciamis Bahas PPDB hingga Izin Operasional SMAN/SMKN Tambaksari Ke DPRD Jabar
  • Hari Budaya Menabung, Plt Walikota Cimahi Himbau Siswa Budayakan Sejak Dini
  • Kapendam XII/Tpr, Resmi Berganti
  • Ketua DPD KNPI Riau Protes Keras
  • Komisi ll DPRD JABAR Berharap Koperasi dan Usaha Kecil Bisa Berinovatif
  • Untuk Tingkatkan Wawasan Guru Ngaji, Pemkot Cimahi Beri Pelatihan
  • Alhamdulillah, Kemenag RI Tetapkan Siak Sebagai Kota Wakaf di Indonesia
  • Launching BIDARI untuk UMKM, Ini Harapan Ketua Baznas Riau
  • Pemprov Matangkan Persiapan Hari Jadi ke-67 Provinsi Riau
  •  
     
     
    Jumat, 04 Agustus 2023 - 18:19:37 WIB
    BPBD Kota Cimahi Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas TRC
    Selasa, 06 Juli 2021 - 12:53:36 WIB
    Ini Artis Berani Tampil Vulgar
    Jumat, 08 Juli 2022 - 10:02:27 WIB
    Menkumham Yasonna Laoly : UU Pemasyarakatan untuk Perkuat Keadilan Restoratif
    Sabtu, 18 Januari 2020 - 07:34:19 WIB
    Prihatin Korupsi Merajalela
    Ketum MOI Rudi Sembiring : Pers Perkuat Pengawasan Demi Pencegahan Korupsi
    Jumat, 10 Juni 2022 - 09:56:20 WIB
    Kasdam III/Slw Dampingi Wakasad, Resmikan Jembatan Gantung Simpay Asih Cijulang
    Jumat, 15 Januari 2021 - 13:31:46 WIB
    Sejumlah Tokoh Masyarakat Kampar Dukung Pencalonan Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri
    Kamis, 09 September 2021 - 12:59:16 WIB
    Pangkalan Udara S Sukani Lakukan Serbuan Vaksinasi Ke Masyarakat Desa Salawana
    Rabu, 17 Februari 2021 - 10:04:25 WIB
    Mitigasi Bencana Jabar Jadi Rujukan Pembahasan UU Penanggulangan Bencana
    Rabu, 23 Desember 2020 - 12:43:12 WIB
    AS Imingi Miliaran Dolar Jika Indonesia Jika Akui Israel
    Selasa, 11 Juli 2023 - 12:23:50 WIB
    Sekdaprov Riau Serahkan SK PB Porwil XI Sumatera 2023
    Senin, 22 Juni 2020 - 12:59:57 WIB
    Koramil 1418-03/Kalukku Kodim 1418/Mamuju Laksanakan Minggu Militer
    Jumat, 31 Juli 2020 - 19:02:54 WIB
    ADVERTORIAL
    Bupati Inhil Imbau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Penyembelihan Hewan Kurban
    Jumat, 12 Maret 2021 - 10:47:45 WIB
    Gubri Lantik Masrul Kasmy Jadi Pj Sekdaprov Riau
    Senin, 15 November 2021 - 08:48:38 WIB
    Antisipasi Lonjakan Kasus Jelang Nataru, Pemko Sesuaikan Kebijakan Dengan Pusat
    Kamis, 23 Juli 2020 - 08:04:53 WIB
    Kasdam IV Diponegoro Tinjau Lokasi TMMD ke-108 Di Kodim Purwodadi
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved