Senin, 08 08 2022  
 
Canangkan Gerakan Literasi Digital Adminduk
Tingkatkan Kesadaran Pemutakhiran Data Administrasi Kependudukan Pemkot Cimahi

RL | Jawa Barat
Selasa, 26 April 2022 - 20:20:32 WIB


TERKAIT:
   
 
CIMAHI, TIRASKITA.COM - Perkembangan teknologi mendorong percepatan transformasi digital menuntut Pemerintah Daerah untuk beradaptasi dan mentransformasi layanannya menjadi sistem digital yang lebih mudah untuk diakses oleh masyarakat.

Menjawab tantangan dalam perubahan pelayanan publik dari pelayanan manual ke pelayanan berbasis digital, Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menyelenggarakan kegiatan Pencanangan Pemberdayaan Masyarakat dalam Era Transformasi Digital melalui Gerakan Literasi Digital Adminstrasi Kependudukan (GELIAT Adminduk) pada hari Senin (25/4).

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memahami pentingnya memiliki kelengkapan dokumen kependudukan ini diselenggarakan secara hybrid yakni virtual melalui Zoom Meeting dan secara tatap muka bertempat di Aula Gedung B Pemkot Cimahi dengan memperhatikan protokol Kesehatan.

Digitalisasi layanan publik merupakan upaya pemerintah untuk memiliki kinerja yang efektif efesien, responsif, transparan dan akuntabel dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat yang akan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Dalam hal ini Disdukcapil Kota Cimahi telah melakukan transformasi pelayanan administrasi kependudukan. Saat ini layanan administrasi kependudukan dapat dilakukan melalui nomor Whatsapp Disdukcapil.

Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn.) Ngatiyana dalam sambutannya mengutarakan pentingnya pengelolaan data administrasi kependudukan, “Pelayanan adminstrasi kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen kependudukan untuk masyarakat melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi penduduk dan sebagai dasar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan publik lainnya seperti layanan kesehatan, pendidikan, perbankan dan jenis layanan lainnya yang membutuhkan dokumen kependudukan sebagai persyaratan pelayanan publik,” ungkapnya.

Ia mengutarakan bahwa kegiatan GELIAT Adminduk dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam tercapainya pemahaman masyarakat mengakses layanan Adminduk sehingga masyarakat bisa mendapatkan layanan yang efektif efisien responsif transparan dan akuntabel, “Diharapkan masyarakat dapat bekerja sama dalam mencapai data kependudukan yang akurat di Kota Cimahi,” ujar Ngatiyana melanjutkan.

Gerakan Literasi Digital khususnya di bidang layanan Adminduk merupakan upaya memberikan pemahaman melalui pembiasaan digital, baik mengakses maupun memanfaatkan dokumen dan menjaga keamanan data dokumen elektronik yang tersimpan secara digital.

Bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan, pengajuan pelayanan Adminduk Disdukcapil Kota Cimahi melalui smartphone ternyata masih menemui kendala. Masih banyak masyarakat yang lebih memilih pelayanan tatap muka dikarenakan masyarakat yang kesulitan menggunakan layanan berbasis digital. Oleh sebab itu Gerakan Literasi Digital Administrasi Kependudukan menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Salah satu upaya yang ditempuh untuk mengatasi masalah literasi digital ini adalah dengan sosialisasi dan pelaksanaan bimbingan teknis terhadap Warga Peduli Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (WALI GISA) yang merupakan perpanjangan tangan Disdukcapil dan mitra kerja Kecamatan dan Kelurahan.

GELIAT Adminduk akan dilaksanakan pada tiga lokasi yaitu Kecamatan Cimahi Utara di Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Tengah di Kelurahan Padasuka dan Kecamatan Cimahi Selatan di Kelurahan Melong, sementara untuk kelurahan lainnya akan dilaksanakan secara bertahap.

“Dengan dibentuknya kader-kader untuk menyebarkan pada masyarakat di wilayah Kelurahan atau lingkungannya masing-masing agar masyarakat mengetahui dan memahami tata cara menggunakan layanan Aminduk secara digital. Jadi layanan masyarakat tidak perlu datang lagi secara tatap muka di Disdukcapil tapi cukup dari rumah bisa terlayani,” ungkap Ngatiyana pada awak media seusai acara.

Ngatiyana berharap dengan adanya inovasi-inovasi di bidang layanan publik akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan sehingga akan tumbuh kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk memanfaatkan layanan administrasi kependudukan, “Semoga inovasi ini bermanfaat bagi masyarakat sehingga akan teracapai layanan yang cepat, tepat dan efisien sehingga masyarakat merasa dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan,” harapnya.

Hadir mendampingi Plt. Wali Kota Cimahi dalam pencanganan tersebut Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik suratno, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi Ipah Latifah dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Cimahi Mochamad Rony. (Bidang IKPS)



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Prabowo Subianto: Saya jadi Menhan karena Pak Luhut
  • Sekda: Pemko Bakal Hadirkan Produk UMKM Unggulan di Indonesia City Expo
  • Polda Metro Jaya Tahan Roy Suryo Terkait Kasus Meme Stupa Candi Borobudur
  • PPP: Sikap Jokowi Tunjukkan Dukungan untuk Ganjar
  • Delapan Ribu Guru Honor Akan Jadi P3K, Gubri Minta Tingkatkan Kualitas
  • Diduga Camat Palika Rohil Lakukan Pungli ke Pengusaha Ribuan Hektar Sawit Ilegal
  • Komisi II DPR Ingatkan ASN agar Tak Terlibat Politik Praktis
  • Anies Canangkan Rumah Sehat Untuk Jakarta, PDIP: Urgensinya Apa?
  • Kalah dari Malaysia, Biaya Konservasi Hutan Indonesia Tak Sampai Rp15 Ribu per Hektare
  •  
     
     
    Kamis, 08 April 2021 - 09:20:50 WIB
    Bahas LKPJ, Komisi V Soroti Belum Adanya Kepala Dinas Kesehatan yang Definitf
    Jumat, 08 Juli 2022 - 12:25:06 WIB
    Mendag Zulhas Diminta Tegas dan Taktis Benahi Minyak Goreng
    Senin, 18 Januari 2021 - 22:20:21 WIB
    Ini Pesan Jend.Tito Kepada Calon Kapolri
    Senin, 08 Juni 2020 - 18:29:49 WIB
    Lantamal XI Merauke Hadiri Rakor Penyambutan Serpas Pamtas
    Sabtu, 19 Desember 2020 - 16:06:00 WIB
    Jokowi: Isi Medsos dengan Keteduhan dan Kesejukan
    Selasa, 15 Februari 2022 - 10:15:01 WIB
    Bupati, Wali Kota, dan Forkopimda Berikan Kejutan Atas Ulang Tahun Danrem 023/KS ke-48
    Senin, 20 Desember 2021 - 19:17:16 WIB
    Rutan Kelas I Tangerang Kedatangan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Banten
    Minggu, 20 Maret 2022 - 15:46:06 WIB
    Bupati Kampar Sambut Kedatangan Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan Riau ke Kampar
    Rabu, 27 April 2022 - 13:52:03 WIB
    Hari Bakti Pemasyarakatan, Wujudkan Narapidana Berketerampilan & Produktif
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 01:33:42 WIB
    BNN Kunjungi Sekretariat PWI Cimahi Ajak Kerjasama Perangi Bahaya Narkoba di Kalangan Remaja
    Senin, 13 Juli 2020 - 20:40:11 WIB
    Lagi, KPK Geledah Kantor Bupati Lampung Selatan
    Rabu, 04 Agustus 2021 - 11:34:41 WIB
    Anggota DPR Ungkap Syarat yang Tak Dipenuhi 2 Calon Anggota BPK
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 10:19:36 WIB
    Komisi I DPRD Nias Gelar RDP Atas Laporan Warga Tentang Dana Desa
    Kamis, 28 Januari 2021 - 20:44:54 WIB
    Sudah Seminggu, PLN di Pangkalan Kerinci Mati Saat Magrib
    Kamis, 01 April 2021 - 15:44:44 WIB
    Jalin Silaturahmi dan Kemitraan
    DPC PWRI Dumai Audiensi ke Wilmar Group
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved