Minggu, 21 Juli 2024  
 
Petani Jalan Kaki Ke Jakarta Bupati Serdang Bedagai Sediakan Tempat Istirahat

Riswan L | Sumut
Sabtu, 27 Juni 2020 - 19:20:16 WIB


TERKAIT:
   
 
Sumut - Sebagai bentuk kepedulian terhadap perjuangan petani menuntut keadilan, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Sergai Ir. H. Soekirman menyediakan tempat menginap dan memberikan bantuan logistik bagi para petani yang tergabung dalam gerakan jalan kaki (long march) menuju Istana Presiden di Jakarta.

Petani yang berasal dari  Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) dan Serikat Petani Mencirim Bersatu (SPMB) yang berjumlah lebih kurang 170 orang ini diterima untuk menginap di Posko Gugus Tugas, Rumah Dinas Bupati, di Sei Rampah, Jumat malam sampai dengan hari Sabtu (26-27/06/2020) sebelum melanjutkan aksi long march-nya.

Bupati Sergai yang saat ini sedang berada di Jakarta tetap berusaha menjalin komunikasi dan koordinasi untuk mendukung aksi ini. Lewat sambutannya via video call WhatsApp, Bupati menyampaikan jika kepeduliannya ini semata-mata karena semangat kemanusiaan. “Para petani adalah saudara-saudara kita yang berasal dari Kabupaten/Kota tetangga yaitu Medan dan Deli Serdang. Bantuan ini diniatkan untuk menambah dorongan semangat bagi perjuangan para petani ini.

Soekirman juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Sergai dan jajaran yang telah memberikan bantuan baik logistik maupun pengamanan guna lancarnya perjalanan para petani. “Hal ini menunjukkan kekompakan dan sinergi yang baik antara Pemerintah Daerah dengan Institusi Kepolisian guna menghadirkan negara di tengah masyarakat. Saya mendoakan perjuangan para petani diridhoi Allah SWT dan dapat menggugah Pemerintah Pusat khususnya Presiden Joko Widodo dan Kementerian terkait agar dapat memberikan solusi untuk penyelesaian konflik agraria yang berlarut-larut tersebut guna mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Di tengah situasi pandemi saat aksi ini berlangsung, Bupati mengimbau agar para peserta long march tetap secara disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari peluang penularan Covid-19.

“Saya telah memerintahkan Tim Kesehatan Posko Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sergai untuk tetap mengedepankan tindakan pencegahan penularan Covid-19 dengan melakukan prosedur pengecekan suhu tubuh para petani, membagikan masker dan hand sanitizer serta penyemprotan disinfektan ke tubuh dan kendaraan rombongan. Dari hasil pemeriksaan suhu tubuh tadi malam saat memasuki Posko dan pada pagi hari menjelang para petani akan meninggalkan Posko Covid-19 Sergai untuk melanjutkan perjalanan menuju Istana Negara, seluruhnya dinyatakan sehat, "Katanya.

Terakhir Bupati menitip pesan kepada para petani untuk menjaga kesehatan, tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan.

“Jika ada kendala diperjalanan, silahkan singgah di Kantor Polres maupun Kantor Bupati/Walikota yang dilewati, insyaallah saya akan membantu dengan berkoordinasi dengan pimpinan daerah setempat melalui jalur Asosiasi Kepala Daerah se-Indonesia, guna mendukung perjuangan petani sekalian, "Pungkasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes menyampaikan pesan kepada para petani agar menjaga kesehatan serta mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 selama diperjalanan. Pada kesempatan ini, sambungnya, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sergai juga memberikan bantuan masker, handsanitizer serta vitamin.

“Di perjalanan nanti agar baiknya Bapak dan Ibu mengganti masker setiap enam jam, mengkonsumsi vitamin, makanan bergizi, serta jika lelah jangan dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan, segeralah beristirahat. Selamat melanjutkan perjalanan, semoga berhasil dalam perjuangan dan selamat serta sehat wal'afiat hingga kembali lagi ke rumah,” ucapnya.

Sementara itu Dewan Pembina Gerakan SPSB dan SPMB, Aris Wiyono, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sergai yang telah menyediakan tempat menginap dan bermalam serta memberikan bantuan logistik lainnya. “Apresiasi dan kehormatan atas inisiatif dari Bupati Sergai Ir. H. Soekirman serta anggota DPRD Sumut yang peduli atas perjuangan kami, meski tidak bisa bertatap muka langsung, Bupati terus berkomunikasi dengan kami melalui videocall dan WhatsApp. Kemudian juga ucapan terimakasih kepada Kapolres Sergai yang telah memberikan bantuan baik logistik serta keamanan kepada kami semua, ”Ungkapnya.

Namun yang terpenting di sini, kata Aris, adalah sisi kemanusian dan rasa empati kepada petani dan rakyat kecil. Ia menyebut semoga perjuangan kelompok SPSB dan SPMB dapat menjadi perhatian pemerintah daerah (Pemda) lain maupun pihak swasta yang daerahnya dilintasi dalam perjalanan menuju Jakarta.

“Perlu diketahui bahwa tujuan gerakan ini adalah agar Bapak Presiden Joko Widodo hadir menyelesaikan konflik agraria yang ada di Sumut khususnya daerah Simalingkar A dan Sei Mencirim, Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara dengan PTPN II sejak tahun 1951 silam, serta mewujudkan tanah sertifikat buat rakyat. Kemudian gerakan berjalan kaki yang kami lakukan ini tetap mengutamakan dan mematuhi Protokol Kesehatan dari Pemerintah dengan memakai masker, menjaga jarak serta menjaga kebersihan sehingga di mana pun tempat yang kami singgahi supaya tidak khawatir terjadi penularan, ''Pungkasnya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Koordinator Lapangan Sulaeman beserta ratusan petani, Koordinator Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Sumut Hawari, SH, Pengurus Serikat Petani Serdang Bedagai (SPSB), unsur TNI/Polri, serta Tim Kesehatan Posko Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sergai.(Mendrova)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • DPRD Ciamis Bahas PPDB hingga Izin Operasional SMAN/SMKN Tambaksari Ke DPRD Jabar
  • Hari Budaya Menabung, Plt Walikota Cimahi Himbau Siswa Budayakan Sejak Dini
  • Kapendam XII/Tpr, Resmi Berganti
  • Ketua DPD KNPI Riau Protes Keras
  • Komisi ll DPRD JABAR Berharap Koperasi dan Usaha Kecil Bisa Berinovatif
  • Untuk Tingkatkan Wawasan Guru Ngaji, Pemkot Cimahi Beri Pelatihan
  • Alhamdulillah, Kemenag RI Tetapkan Siak Sebagai Kota Wakaf di Indonesia
  • Launching BIDARI untuk UMKM, Ini Harapan Ketua Baznas Riau
  • Pemprov Matangkan Persiapan Hari Jadi ke-67 Provinsi Riau
  •  
     
     
    Senin, 18 Mei 2020 - 00:12:49 WIB
    NIKAH DI USIA 16 TAHUN
    Begini Tanggapan Feni Rose Tentang Sabrina Salsabila Rela Nikahi Pria 9 Tahun Lebih Tua Darinya
    Senin, 03 April 2023 - 15:46:29 WIB
    Dandim 0620/Kab Cirebon Pimpin Korps Raport Kenaikan Pangkat Per 1 April
    Kamis, 14 Mei 2020 - 22:50:49 WIB
    Gerebek Lokasi Judi Tembak Ikan, Kapolres Serdang Bedagai Diapresiasi Tokoh Masyarakat
    Minggu, 16 Januari 2022 - 07:21:37 WIB
    Bupati dan Wabup Rohil Tinjau Langsung Warga Terdampak Banjir dan Bagikan Paket Sembako
    Minggu, 28 November 2021 - 11:29:22 WIB
    DPP Partai Golkar Jadwalkan Pertemuan Antara Masyarakat dengan Anggota Dewan Pemalas, H Sari Antoni
    Rabu, 04 Maret 2020 - 11:24:25 WIB
    SEEKOR ULAR MATI KARNA MELINDUNGI TELURNYA DARI KARHUTLA
    Ular Phyton Mati Melindungi Telur dan Anaknya dari Karhutla Riau
    Kamis, 09 November 2023 - 16:20:15 WIB
    Bupati Cirebon, Buka BSMSS Kodim 0620/Kab Cirebon
    Jumat, 22 September 2023 - 10:46:32 WIB
    TMMD Kodim 0708/Purworejo Bersama Warga Tancap Gas Bangun Jalan Sepanjang 2 Km
    Jumat, 17 Desember 2021 - 14:34:09 WIB
    Menyesal Pakai Sabu, Ini Pesan Nia Ramadhani
    Selasa, 31 Agustus 2021 - 09:00:01 WIB
    Banyak Investor Asing, Bank BJB Harus Siap Dalam Persaingan Perbankan
    Kamis, 22 April 2021 - 17:41:39 WIB
    Pemkot Cimahi Tandatangan Perjanjian Kerjasama Optimalisasi Pemungutan Pajak
    Selasa, 01 Maret 2022 - 09:21:31 WIB
    Tanamkan Kecintaan Terhadap Alquran, Pemko Gelar Pelatihan Khattil dan Hadist
    Selasa, 30 November 2021 - 09:49:38 WIB
    HUT PGRI ke 76 dan HGN Tahun 2021 di Kabupaten Tapanuli Tengah Berjalan Sukses dan Meriah
    Bupati Kembali Bagikan 200 Paket Sembako Kepada Masyarakat Tapteng
    Kamis, 10 September 2020 - 10:39:49 WIB
    Hakim Vonis Bebas Terdakwa Korupsi Alih Fungsi Hutan Riau, Ini Jawaban KPK
    Sabtu, 27 November 2021 - 11:10:28 WIB
    Analisis Metode Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Sd Inpres 0127 Sibuhuan Julu Saat Pandemi Covid
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved