Dalam upaya memutus mata rantai pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Launching Vaksinasi Covid-19 yang diikuti oleh unsur Forkopimda Kabupaten Sergai di Halaman Kantor Bupati Serg">
Senin, 10 Mei 2021  
 
Pemkab Sergai Launching Perdana Vaksinasi Covid-19

Rahmad | Sumut
Sabtu, 06 Februari 2021 - 00:23:17 WIB

Sei Rampah | TIRASKITA.COM - Dalam upaya memutus mata rantai pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Launching Vaksinasi Covid-19 yang diikuti oleh unsur Forkopimda Kabupaten Sergai di Halaman Kantor Bupati Sergai Sei Rampah, Jumat (5/2/2021).

Pemberian vaksinansi ini sebagai upaya pemerintah untuk pencegahan sekaligus pengendalian dan mengurangi penularan Covid-19 dengan tujuan memperkuat imunitas pada diri seseorang.

Kegiatan launching vaksin Covid-19 diawali dengan pemberian vaksinasi yang menyasar kepada 10 orang Pejabat Publik seperti Wakil Bupati, Sekda, Kajari, Kapolres, Ketua DPRD, Ketua GOPTKI, Ketua DWP, Direktu RSUD Sultan Sulaiman dan tokoh masyarakat.

Wabup Sergai H Darma Wijaya yang hadir dalam kegiatan mengemukakan bahwa kasus Covid-19 di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat mengalami peningkatan pasca tahun baru kemarin.

“ Jika dilihat grafik peningkatan seperti yang dilaporkan dari Dinas Kominfo Sergai  setiap hari terus bertambah. Hingga hari ini tercatat sebanyak 435 kasus dengan 363 telah dinyatakan sembuh, 50 dalam masa perawatan maupun isolasi mandiri dan 22 orang meninggal dunia. Hari ini ada  yang meninggal dunia karena terinpeksi virus corona diusia 41 tahun. Jadi yang terpapar Covid-19 itu bukan hanya usia di atas 60 tahun saja, akan tetapi usia produktif juga dengan mudah terpapar jika tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” imbuhnya.

Oleh karenanya Wabup Darma Wijaya megimbau kepada seluruh yang hadir, agar bersama-sama menjadi contoh bagi masyarakat dalam hal penerapan protokol kesehatan demi memutus pandemi Covid-19.

“ Dimulai dari kita terlebih dahulu, sebagai jajaran pemerintahan maupun pejabat publik untuk disiplin protokol kesehatan. Kita juga akan buat surat edaran dan sosialisasi kepada masyarakat akan terus digencarkan. Kegiatan-kegiatan yang menciptakan kerumunan seperti pesta dan hajatan jika ada kesepakatan bisa saja untuk ditiadakan atau ditunda dulu karena kasus Covid-19 di Sergai masih cukup tinggi,” katanya.

Wabup Sergai juga mengajak unsur Forkopimda untuk meningkatkan sinergitas dalam memberantas merebaknya virus asal Wuhan ini sehingga Kabupaten Sergai tidak menyentuh zona merah, tutup Darma Wijaya.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes menyampaikan bahwa dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19, disamping penerapan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian, tentunya yang lebih penting adalah pemberian vaksinasi yang merupakan langkah strategis sehingga dapat menurunkan angka Covid-19 atau bahkan juga angka kematian.

“ Vaksinasi adalah pemberian vaksin yang khusus dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh kepada seseorang. Dalam hal ini yang kita berikan adalah kelompok umur 18 sampai dengan 59 tahun untuk sasaran tenaga kesehatan,” ujarnya.

Bulan Simanungkalit membeberkan bahwa Kabupaten Sergai masuk dalam tahap kedua yang menerima dan melaksanakan vaksinasi  di bulan Januari hingga April 2021 dengan sasaran 2.263 tenaga kesehatan sedangkan yang ditunda vaksin sebanyak 653.

“ Kami berupaya jangan sampai ada satu orangpun petugas kesehatan baik itu yang praktek perseorangan yang tidak mendapatkan vaksin. Oleh karena itu kita telah berkolaborasi dengan Ketua Organisasi untuk mendapatkan sasaran tersebut serta melakukan skrining pada 2 hari sebelum hari ini, sehingga didapatkan sebanyak 1.610 orang yang bersedia dan yang keadaan kesehatannya mempuni untuk mendapatkan vaksinasi yaitu sebanyak 1.610 orang atau sebesar 71,71%,” katanya.

Adapun alasan yang masih ditunda vaksinasi, lanjut Kadis Kesehatan, adalah ibu menyusui, hamil, berencana untuk hamil, yang terpapar Covid-19 sebelumnya, tekanan darah tinggi, penyakit gula, penyakit jantung, gangguan pencernaan kronis dan autoimun. Ini adalah alasan kita menunda dalam pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan lainnya.

Sementara itu Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, S.Sos, MHan, Kajari Sergai Paian Tumanggor, SH, dan Ketua MUI Sergai H. Hasful Huznain menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak takut di vaksin, karena vaksin ini aman dan halal. Mereka mengaku telah divaksi hingga saat ini dalam keadaan sehat dan tidak ada reaksi apapun.

Hadir juga dalam kegiatan, Sekdakab Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP, para Kepala OPD, para Camat serta Tenaga Medis Dinas Kesehatan Sergai.

Vaksin Sinovac Telah Didistribusikan

Sebelumnya, pada Kamis (4/2/2021), sebanyak 20 Puskesmas di 17 Kecamatan se-Kabupaten Sergai telah  menerima Vaksin Sinovac yang secara langsung diserahkah oleh Wabup Sergai H. Darma Wijaya bertempat di Gedung Farmasi Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah.

Vaksin yang di distribusikan ini langsung diambil oleh pihak Puskesmas dan dengan pengawalan ketat oleh sejumlah anggota TNI dan Polri.

Wabup Sergai H. Darma Wijaya menyampaikan bahwa Vaksin Sinovac Covid-19 ini aman dan halal serta tidak ada efek samping dari vaksin tersebut, kata Wabup sembari mengaku telah divaksin terlebih dahulu untuk memastikan bahwa vaksin tersebut aman.

Darma Wijaya juga berpesan kepada petugas yang mengantar vaksin agar tetap berhati-hati dan pastikan vaksin ini sampai dengan selamat dan dalam keadaan baik di tempat tujuannya. (Jhonny)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Diduga Ada Yang Tidak Berses, Pengusaha Bisnis Tabung Gas Elpiji Marah Ketika Dikonfirmasi Media
  • Bupati Kampar Kunjungi Pondok Pesantren di Tapung & Tapung Hilir
  • Pemkab Kampar Kembali Jadikan Stanum sebagai Tempat Isolasi Pasien Covid-19
  • Peduli Korban Puting Beliung, Kapolres Kampar Utus Kapolsek Antar Bantuan
  • Kapolri dan Panglima Tinjau Pelaksanaan Operasi Ketupat Maung 2021 di Merak
  • Lembaga KPK Nusantara & Lembaga Peduli Hukum dan Ham Kembali Gelar Bansos
  • Bersama Ketua DPR RI, Panglima TNI, Kapolri Tinjau Pos Penyekatan Merak-Bakauheni
  • Gardanis Dan Bon's Sibolga Kunjungi Korban Kebakaran Di Pasar Belakang
  • 336 kendaraan Pemudik di Putar Balikkan oleh Polda Banten
  •  
     
     
    Senin, 10 Agustus 2020 - 09:27:18 WIB
    Silaturahmi: "Agar Terjalinya Hubungan Yang Baik Sesama Masyarakat Nias Riau"
    Sparing Persahabatan PB.IKNR Riau Dengan PB.IKNR DPD Kab. Siak
    Sabtu, 03 Oktober 2020 - 20:43:25 WIB
    Muhadjir: Perempuan Penting Tahu Bekal Pranikah Sejak Dini
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 23:23:55 WIB
    Keberhasilan Program Jaga Kampung Polda Riau. Diapresiasi Oleh Kabaharkam Komjen Agus Andrianto
    Minggu, 15 Maret 2020 - 10:46:35 WIB
    Virus Vorona
    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Positif Corona
    Senin, 16 November 2020 - 10:19:49 WIB
    Sekda Jabar Tutup Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XI 2020
    Selasa, 10 Maret 2020 - 10:02:59 WIB
    Dugaan Ada Permintaan Uang ke Terdakwa.
    Aswas Kejati Riau Selidiki Jaksa Nakal di Kejari Rohul
    Rabu, 30 September 2020 - 20:58:57 WIB
    Hasil Uji Klinis Vaksin Corona Dilaporkan ke BPOM Awal 2021
    Jumat, 08 Januari 2021 - 18:04:33 WIB
    Wagub Serahkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Angin Puting Beliung
    Senin, 22 Februari 2021 - 17:20:15 WIB
    Kampung Tangguh: Harapan dari Desa untuk Hadapi Pandemi
    Sabtu, 11 Juli 2020 - 13:02:24 WIB
    Masyarakat Desa Ini Marah dan Datangi Mapolsek Setempat
    Sabtu, 20 Maret 2021 - 21:05:36 WIB
    Buron 4 Tahun,
    Pelaku Pembunuhan Sadis Perempuan Hamil Ditangkap
    Minggu, 17 Mei 2020 - 08:24:49 WIB
    Narkoba Jenis Sabu
    2 Orang Pengedar Narkotika Diringkus Resnarkoba Polres Kampar di 2 TKP
    Jumat, 18 Desember 2020 - 10:15:16 WIB
    Terapkan Hidup Sehat, Masyarakat Trenggalek Dibayar Sehat
    Senin, 27 Juli 2020 - 15:19:57 WIB
    Lantik Kepala Desa Tasik Serai Barat Kecamatan Talang Muandau
    Plh. Bupati Bengkalis Tegaskan: Sejahterakan Masyarakat dan Pahami Regulasin
    Jumat, 27 Maret 2020 - 12:22:21 WIB
    Penanganan Covid-19
    Kabaharkam Instruksikan Kapolda Laksanakan Operasi Kontinjensi Aman Nusa II
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved