Sabtu, 28 Januari 2023  
 
Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa LoLoanaa Idanoi Dari TA 2017 - 2022
Masyarakat Desa LoLoanaa Idanoi Resmi Laporkan EB Mantan Kades Dan Cs Ke APH

RL | Kep. Nias
Minggu, 15 Januari 2023 - 20:10:22 WIB


TERKAIT:
   
 
 NIAS GUSIT, TIRASKITA.COM - Dalam rangka mendorong terbentuknya tata kelola dan peruntuhkan dana desa dalam pemerintahan yang baik, transparan dan profesional dengan berorientasi pada pelaksanaan program pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat yang sesuai amanat peraturan perundang-undangan.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.
Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001. Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2000 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa, beserta peraturan pelaksanaannya;
Surat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nomor : 8.7508, terkait Pengelolaan Keuangan Desa/Dana Desa. Peraturan Perundang-Undangan terkait desa ditingkat Daerah Pronvinsi Sumatera Utara dan Daerah Kota Gunungsitoli. Ucap AB kepada media. Rabu, 11/1/23.

AB Cs yang mewakili warga desa Lölöana,a Idanoi, sekilas menyampaikan kepada media terkait isi laporan resmi warga desa Lölöana,a Idanoi Gunung Sitoli Idanoi kepada APH (Aparat Penegak Hukum) Polres Nias. Pada Selasa, 10/01/23, surat laporan resmi di terima oleh Briptu  Ikhsan Maulana anggota Polres Nias Sumut.

Dalam Laporan tercatat. Antara lain; Pertanggungjawaban Pemerintah Desa (LPJ) Desa Loloana’a Idanoi Tahun Anggaran 2017, 2018, 2019, 2020, 2021 dan Lpj Realisasi Keuangan Desa TA. 2022.

Dengan fakta dan realita ditengah masyarakat Desa Loloana’a Idanoi, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera Utara, bahwa mewakili warga Desa Loloana’a Idanoi Untuk melaporkan EB dan Cs semenjak menjabat sebagai kepala desa Lölöanaa idanoi. Terkait adanya Indikasi Penyelewengan Keuangan Desa dari Tahun Anggaran 2017, Tahun Anggaran 2018, Tahun Anggaran 2019, Tahun Anggaran 2020, Tahun Anggaran 2021 dan Tahun Anggaran 2022, kuatnya dugaan telah dilakukan penyelewengan dana desa secara bersama-sama oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa Lölöana’a Idanoi Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli.

Masyarakat mengetahui bahwa di Desa Loloana’a Idanoi terindikasi terdapat banyak penyelewengan terhadap keuangan desa semenjak menjadi kepala desa dari Tahun Anggaran 2017, Tahun Anggaran 2018, Tahun Anggaran 2019, Tahun Anggaran 2020, Tahun Anggaran 2021 dan Tahun Anggaran 2022. Ucap AB.

Adapun Penyelewengan Keuangan Desa dimaksud, terindikasi dari adanya Penyampaian laporan keuangan desa Tahun Anggaran 2017 s/d Tahun Anggaran 2022, diduga tidak sesuai dengan realisasi yang nyata dilihat dilapangan oleh masyarakat desa Loloanaa Idanoi. Hal ini didukung adanya beberapa fakta serta kondisi realita dilapangan. Beber AB Cs.

AB Cs, sumber menjelaskan kepada media. Bahwa Kepala Desa Lolona’a Idanoi bersama Aparatur Pemerintahan Desa Loloana’a Idanoi tidak terbuka tentang informasi kegiatan pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat semenjak dari dari Tahun Anggaran 2017 s/d 2022.

Antara lain, seperti tidak terpampang papan informasi tentang APBDes, tidak adanya Sosialisasi APBDes sebagaimana ditentukan dalam aturannya dan hal-hal lainnya, sehingga warga desa sangat minim mengetahui informasi tentang hal tersebut;

BPD atau Anggota BPD tidak dapat menjalankan tugas dan fungsinya. Terlebih dalam kegiatan pengawasan terhadap setiap pelaksanaan pekerjaan pembangunan di Desa Loloana’a Idanoi dari Tahun 2017 s/d 2022, terbukti adanya informasi bahwa Kepala Desa dan Perangkat Desa tidak menyerahkan dokumen APBDesa dan dokumen pekerjaan khususnya berupa RAB pekerjaan.

Hal ini berdasarkan keterangan dari Anggota BPD Loloana’a Idanoi;
Kepala Desa dan Aparatur Pemerintahan Desa tidak melaksanakan Musyawarah Desa sebagaimana diatur dalam ketentuan terkait perencanaan program Desa, pelaksanaan program Desa dan Pelaporan/Pertanggungjawaban selama kurun waktu dari Tahun 2017 s/d Tahun 2022;

Perangkat Desa yang menjadi Pengelola Keuangan dan Pelaksana Kegiatan tidak melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana kewajibannya. Nyatanya dalam setiap kegiatan Pengadaan Barang/Jasa dan Belanja Modal serta Belanja lainnya pada setiap paket pekerjaan/kegiatan di Desa Loloana’a Idanoi dari Tahun Anggaran 2017 s/d Tahun Anggaran 2022.

Yang terjadi dilapangan dilakukan dan dilaksanakan serta dikelola oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa secara bersama-sama dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Adanya Keuangan Desa Loloana’a Idanoi dari TA. 2020 s/d 2022 sebesar Rp. 31.500.000 yang dipinjamkan Bendahara Desa Loloana’a Idanoi kepada Perangkat Desa untuk kepentingan pribadi Perangkat Desa. Hal ini berdasarkan Surat Pernyataan beberapa oknum perangkat Desa Loloana’a Idanoi pada tanggal 30 November 2022.

Juga adanya keuangan Desa Loloana’a yang dipinjamkan dan diserahkan oleh Bendahara Desa Loloana’a Idanoi kepada Kepala Desa Loloana’a Idanoi An. Edieli Bate’e, A.Md dalam kurun waktu Tahun Anggaran 2019 s/d Tahun Anggaran 2022, sebesar Rp. 652.359.323. Hal ini berdasarkan Surat Permintaan Pengembalian Uang Desa dari Bendahara Desa Loloana’a Idanoi kepada Kepala Desa Loloana’a Idanoi pada tanggal 01 Desember 2022;
Hal ini Adanya pernyataan dan pengakuan langsung dari Bendahara Desa Loloana’a Idanoi An. Linda Oktiber Bate’e dan Kepala Desa Loloana’a Idanoi An. Edieli Bate’e dihadapan Forum/Pertemuan yang dihadiri oleh BPD, Penjabat Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, dan Warga Desa Loloana’a Idanoi pada tanggal 04 Desember 2022, bertempat di Kantor Kepala Desa Loloana’a Idanoi, terkait tentang penggunaan Keuangan Desa untuk Kepentingan Pribadi Kepala Desa, Bendahara Desa dan Aparatur Pemerintahan Desa lainnya. Hal ini berdasarkan rekaman video pernyataan dari masyarakat yang hadir pada pertemuan saat itu.

Juga adanya Keuangan Desa Loloana’a Idanoi Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp. 130.000.000 yang dialokasikan untuk penyertaan modal BUMDES Desa Loloana’a Idanoi yang telah diambil dari Bendahara BUMDES Desa Loloana’a Idanoi oleh Kepala Desa Loloana’a Idanoi An. Edieli Bate’e dan belum dikembalikan.  berdasarkan surat Bendahara BUMDES Desa Loloana’a Idanoi An. Novri Bate’e (adik kandung dari Bendahara Desa) kepada Kepala Desa An. Edieli Bate’e pada tanggal 01 Desember 2022;

Adanya Sisa Keuangan Desa Loloana’a Idanoi TA. 2021 (Dana SILPA Tahun 2021) sebesar Rp. 81.474.860 yang tidak ada fisik uang ditangan Bendahara dan juga tidak tercatat dalam Rekening Desa Loloana’a Idanoi. Hal ini ini berdasarkan Laporan Keuangan Desa Loloana’a Idanoi TA. 2021 dan Rekening Koran Desa Loloana’a Idanoi bulan Januari 2022.

Anehnya. Adanya Saldo Kas Desa Loloana’a Idanoi per tanggal 24 November 2022 sebesar Rp. 188.389.190. (sebelum terlaksananya serah terima jabatan antara Kepala Desa Lama (An. Edieli Bate’e) dengan Penjabat Kepala Desa yang baru (An. Herman Juniawan Bate’e), yang tidak ada fisiknya uangnya di tangan Bendahara Desa Loloana’a Idanoi dan juga tidak tercatat dalam Rekening Kas Desa Loloana’a Idanoi. Hal ini berdasarkan laporan keuangan Desa Loloana’a Idanoi per tanggal 24 November 2022 yakni Buku Kas Umum dan Laporan Realisasi Dana Desa dan Alokasi Dana Desa per 24 November 2022.

Hal tersebut dibuktikan adanya Penarikan Keuangan Desa Loloana’a Idanoi oleh Kepala Desa (An. Edieli Bate’e, Sekretaris Desa An. Oktober Bate’e dan Bendahara Desa An. Linda Oktiber Bate’e) pada Tahun Anggaran 2022. Namun belum dilaksanakan dilapangan antara lain kegiatan pada Bidang Pemberdayaan Masyarakat meliputi Penyelenggaraan Posyandu (Pemberian Makanan Tambahan bagi Lansia, Balita, Ibu Hamil).

Ironisnya, adanya Laporan Keuangan Desa dari Tahun 2020 s/d 2022 yang dilaporkan oleh Pengelola Keuangan (Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara Desa) dan Pelaksana Kegiatan (Kepala Seksi dan Kaur) telah terealisasi. Namun kenyataan dilapangan belum terealisasi atau tidak dilaksanakan. Antara lain; kegiatan Pelatihan Komputer, Pelatihan Menjahit, Kegiatan Penanganan Covid, Pemberian Makanan Tambahan bagi Lansia, Pemberian Makanan Tambahan bagi Balita dan Ibu Hamil, Pemberian Obat-obatan.

Juga adanya kegiatan fisik (pengaspalan jalan di Dusun IV) TA. 2021, dalam laporan telah selesai pelaksanaannya oleh Pengelola Keuangan (Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara Desa) dan Pelaksana Kegiatan (Kepala Seksi). Namun kenyataan dilapangan kegiatan fisik tersebut belum selesai dikerjakan pada tahun 2021, tetapi dikerjakan pada Tahun 2022.

Juga pada kegiatan atau pembiayaan pembangunan fisik (pengaspalan jalan di Dusun IV Desa Loloana’a Idanoi) yang dikerjakan pada Tahun 2022 dengan menggunakan Anggran  Tahun 2022 sebesar Rp. 269.712.050 yang kegiatan dan pembiayaannya tidak terdapat dalam APBDesa Loloana’a Idanoi dan RAB Pekerjaan TA. 2022.

Padahal kegiatan dan anggaran untuk pembangunan fisik tersebut telah dianggarkan dan telah dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp. 189.385.100. Hal ini berdasarkan Surat Pernyataan Kepala Desa (An. Edieli Bate’e, Sekretaris Desa An. Oktober Bate’e dan Kaur Keuangan/Bendahara Desa An. Linda Oktiber Bate’e, pada tanggal 02 Desember 2022).

Akibat persoalan tersebut diatas, sehingga Serah Terima Keuangan Desa Loloana’a Idanoi TA. 2022 sejak 30 November 2022  sampai dengan saat ini antara Kepala Desa Lama An. Edieli Bate’e dengan Penjabat Kepala Desa Loloana’a Idanoi An. Herman Juniawan Bate’e, tidak bisa diserah terimakan dikarenakan tidak sinkronnya data keuangan dan tidak adanya bukti fisik saldo Kas Desa Loloana’a Idanoi khususnya TA. 2022.

Karena belum terlaksananya kegiatan dan belum adanya laporan pertanggungjawaban pengurus BUMDES Desa Loloana’a Idanoi sejak dibentuk pada Tahun  2020 sampai dengan saat ini. Hal ini disebabkan oleh ketidakjelasan keuangan BUMDES sebesar Rp. 150.000.000 yang bersumber dari Dana Desa Loloana’a Idanoi Tahun Anggaran 2020.

Belum adanya penyerahan Dokumen Hibah tanah Pertapakan Gedung Kantor Kepala Desa dan Balai Kemasyarakatan Desa Loloana’a Idanoi dari Kepala Desa Loloana’a Idanoi An. Edieli Bate’e kepada Penjabat Kepala Desa Loloana’a Idanoi, yang mana menurut informasi tanah pertapakan bangunan tersebut adalah milik An. Edieli Bate'e, mantan (Kepala Desa Loloana’a Idanoi).

Belum terlaksananya Musyawarah Laporan Pertanggungjawaban Anggaran dan Laporan Akhir Masa Tugas Kepala Desa Loloana’a Idanoi An. Edieli Bate’e dari Tahun 2017 s/d 2022, selama satu periode menjabat sebagai kepala desa di desa Loloanaa Idanoi.

Berdasarkan persoalan yang  diuraikan tersebut diatas dan yang telah di laporkan secara resmi ke polres nias. AB bersama Cs selaku warga Desa Loloana’a Idanoi Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera Utara. Berharap dan meminta kepada aparatur negara dan terlebih kepada APH (Aparat Penegak Hukum), seperti;  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Cq. Satgas Dana Desa. Wali Kota Gunungsitoli, Pengelolaan Keuangan Desa Loloana’a Idanoi Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera Utara.

Terlebih kepada APH. Yakni; Komisi Pemberantasan Korupksi (KPK), Ketua Ombudsman RI, Kepala Kejaksaan Tingi Sumatera Utara, Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Kepala kepolisian Polda Sumut, Kepala kepolisian Resor Kab. Nias, agar memanggil dan memeriksa para Pengelolaan Keuangan Desa Loloana’a Idanoi Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera Utara, terkait tata cara kelola penggunaan dan peruntuhkan dana desa dari Tahun Anggaran 2017 s/d Tahun Anggaran 2022 tersebut. Pinta dan Harap AB bersama Cs. 

Terkait laporan masyarakat desa Lölöanaa Idanoi tersebut diatas, media yang mengkonfirmasi kepada Kapolres Nias AKBP Luthfi S.I.K. Minggu, 15/01/23, Melalui WhatsApp pribadinya dengan Nomor +62 813-4638-6xxx, hingga tayang berita ini masih belum mendapat tanggapan dari Polres Nias. (Tim) ***


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Hasil Rapat Pleno KI Pusat Tetapkan Kampar Sebagai Tuan Rumah HKIN 2023
  • Angka Stunting di Riau 2022 Turun, Kadiskes Sebut Berkat Kerja Keras Kawan-Kawan di Puskesmas
  • Kejar Target! Kadiskes Riau Berencana Kumpulkan Dinkes Kabupaten/Kota Bahas Stunting
  • Hakim-Hakim di Jepang Buat Prof Mahfud Kaget
  • Apartemen Ayam, Solusi Peternak Milenial
  • Luar Biasa... Warga Kembali Serahkan Senjata Api Ke Satgas Yonarmed 5/105 Tarik/Pancagiri
  • Keren.... Kodim 0617/Majalengka Rehab Rumah Veteran
  • Tahun 2023 Pemko Pekanbaru Fokus Bangun Proyek Menyentuh Masyarkat
  • Anggota Komisi V DPRD JABAR Monitoring Pembangunan Gedung Blok l Dan Blok lV RSUD) ota Bogor
  •  
     
     
    Selasa, 08 November 2022 - 14:32:23 WIB
    Kabar Baik Bagi Pasien JKN, Sembilan Kondisi Ini Bisa ke RS Tanpa Urus Rujukan Lagi
    Rabu, 03 Juni 2020 - 14:21:04 WIB
    Bagaimana Bapenda Menggenjot pendapatan Kampar
    Masa Pandemi Covid-19, Bupati Kampar Minta Agar Cari Celah Tingkatkan PAD
    Selasa, 05 Januari 2021 - 11:52:23 WIB
    Apakah Kamu Termasuk? Ini Cara Cek Vaksin Gratis dari Pemerintah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 09:14:55 WIB
    Sita 2,9 Kilogram Sabu,
    Polresta Gulung 7 Tersangka Komplotan Jaringan Narkoba Kota Pekanbaru
    Kamis, 03 September 2020 - 13:53:47 WIB
    LAWAN COVID-19
    Uu Ruzhanul Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Industri di Garut
    Senin, 08 Maret 2021 - 17:47:12 WIB
    Gubri Minta Pengawasan Karhutla Sampai ke Tingkat RT
    Jumat, 19 Februari 2021 - 13:59:34 WIB
    Danramil 07/Alasa Kodim 0213/Nias Laksanakan Gotong-royong Bersama masyarakat
    Jumat, 30 Juli 2021 - 11:51:48 WIB
    Libatkan Napi, Polda Musnahkan 145.58 Kg Sabu
    Senin, 29 Juni 2020 - 19:32:59 WIB
    Terkait Korupsi Mantan Gubernur Riau Annas Maamun
    Bos PT Duta Palma Diadili di Pengadilan Tipikor Pekanbaru Secara Online
    Jumat, 16 April 2021 - 10:30:10 WIB
    Kasus Pengadaan Citra Satelit,
    KPK Dalami Adanya Penerimaan Sejumlah Uang
    Senin, 07 November 2022 - 13:35:48 WIB
    Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional ke Lima Tokoh, Ini Nama-namanya
    Minggu, 09 Mei 2021 - 19:51:13 WIB
    Kali Ini Menyisir Ke 5 Desa
    Lembaga KPK Nusantara & Lembaga Peduli Hukum dan Ham Kembali Gelar Bansos
    Selasa, 03 Agustus 2021 - 13:00:14 WIB
    Wali Kota Pekanbaru Menanti Keputusan Pemerintah Pusat Terkait Kelanjutan PPKM Level 4
    Senin, 20 Juli 2020 - 15:51:15 WIB
    HUT KABUPATEN BENGKALIS
    Lomba Kebersihan, Semarakkan Hari Jadi Bengkalis Ke-508
    Sabtu, 18 Januari 2020 - 07:49:36 WIB
    Menko Luhut: Dewan Pengarah pembangunan Ibu Kota Baru Untuk Membangun Kepercayaan Dunia Internasiona
     
    Riau | Nasional | Ekonomi | Hukrim | Politik | Olahraga | Kesehatan | Budaya | Pendidikan | Internasional | Lifestyle
    Advertorial | Indeks Berita
    About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber | Info Iklan | Disclaimer
    Copyright © 2020 PT. Tiras Kita Pers, All Rights Reserved